Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Terus Pantau Kesiapan Sekolah

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana bercengkrama dengan sejumlah siswa SMPN I Cineam; di tengah pengecekan kesiapan KBP tatap muka.

KAPOL.ID–Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka hampir pasti mulai Juni 2021. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya terus melakukan pemantauan ke sejumlah sekolah.

Senin (10/5/2021), Disdikbud meninjau SMPN I Cineam. Sekolah ini termasuk yang sudah menyiapkan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan Covid-19. Siswanya juga terbiasa memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kepala Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana mengatakan, pemantauan tersebut untuk memastikan kesiapan sekolah. Baik satuan pendidikan sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) negeri.

“Hari ini kita ke SMP di wilayah Kecamatan Manonjaya dan Cineam. Kondisi dan situasi di beberapa sekolah, setelah kita lakukan pengecekan, sarana prasarananya sudah cukup lengkap,” terang Dadan.

SMPN I Cineam sendiri, sebagaimana hasil pemantauan Dadan; sudah menyediakan westafel portabel, tempat cuci tangan, serta penggunaan maskernya sudah siap dan bagus.

Disdikbud pun menilai bahwa sekitar 80 persen sekolah sudah siap melaksanakan KBM tatap muka. Tinggal menindaklanjuti SKB empat menteri tentang vaksinasi guru.

“Untuk vaksinasi Covid-19 terhadap para guru, katanya pada minggu kedua bulan Mei sudah harus dilaksanakan dosis atau tahap pertama. Kemudian awal Juni sudah harus selesai,” tambahnya.

Perintah tersebut menjadi kabar menggembirakan bagi satuan pendidikan. Sebab ketika vaksinasi Covid-19 telah rampung, kelancaran KBM tatap muka menjadi semakin memungkinkan.

“Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri, sejauh ini sudah ada sebanyak 2.430 guru yang sudah divaksin, dari jumlah keseluruhan 12 ribu guru,” pungkasnya.

Kepala SMPN I Cineam, Cengceng mengemukakan bahwa sekolah yang ia pimpin sudah sangat siap melaksanakan KBM tatap muka. Setidaknya, dari segi infrastruktur, sudah sangat lengkap.

“Insya Allah sudah siap, secara administrasi dan kurikulum serta pembagian jadwal mata pelajaran juga sudah disiapkan sesuai dengan harapan,” terang Cengceng.

Teknisnya, lanjut Cengceng, siswa yang mengikuti KBM tatap muka akan dibagi meniadi dua sif. Waktu belajar juga dibatasi sampai sebelum pukul 12.00 WIB.

“Siswa yang masuk kelas itu dibagi dua, 50 persen–50 persen. Saat KBM, anak atau siswa juga tidak boleh membawa makanan ke kelas atau jajan di luar lingkungan sekolah,” tambahnya.

Di samping itu, hampir 90 persen guru SMPN I Cineam sudah menjalani vaksinasi Covid-19. Pelaksanaannya bahkan ada yang sebelum Ramadan.

“Adapun kekurangannya, nanti akan kami lengkapi dan tambah lagi,” Cengceng menandaskan.

  • Bagikan