oleh

Dinkes: Banyak Kasus Covid-19, Tamu dari Zona Merah

KAPOL.ID – Sekretaris Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Rumah Sakit rujukan Covid-19, di Kota Bandung terdapat 27 Rumah Sakit.

Namun tidak semua yang masuk adalah warga kota bandung, tetapi, ada juga warga luar Kota Bandung.

“Kita tidak bisa menolak orang dari luar daerah karena layanan kesehatan seperti itu. Tempat tidur di Kota Bandung saat ini terisi sampai 88,67 persen. Dua bulan lalu hanya 32,5 persen. Makanya kemarin kita minta Camat meminta satu fasilitas ruang isolasi di wilayahnya,” kata Ema, di Bandung, Kamis 19 November 2020

Ema menuturkan, untuk orang yang datang dari zona merah, idealnya harus dikarantina. Seperti kedatangan saudara itu tidak boleh kemana-mana.

“Protokol kesehatan harus dilakukan semaksimal mungkin,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita menambahkan, setiap warga harus berinisiatif untuk mengidentifikasi.

Karena belum ada sarana atau pengawas yang mengidentifikasi tamu dari zona merah.

“Kalau memang kedatangan tamu walau pun itu keluarga atau adik kandung sendiri, tentunya harus diberlakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Walau pun di rumah, ngobrol tidak berdekatan, pakai masker, jaga jarak juga,” katanya.

Kasus kemarin banyak terjadi dari tamu yang datang dari zona merah.

“Mungkin bisa kerja sama diinformasikan kepada warga sekitar kalau ada tamu minimal inisiatif dari tuan rumahnya sendiri,” pungkasnya. (Jae)***

Komentar