BUDAYA  

Dua Nama Penerima Anugerah Budaya Kota Tasikmalaya 2022

Malam Anugerah Budaya Kota Tasikmalaya 2022 berlangsung di Kampung Swasana, Senin (14/11/2022).*

KAPOL.ID –
Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) mengadakan Malam Anugerah Budaya Kota Tasikmalaya Tahun 2022 di Kampung Swasana, Senin (14/11/2022).

Setelah melakukan kurasi selama tiga bulan terakhir, ada dua orang yang akan mendapatkan anugerah budaya tahun 2022 ini.

“Dewan Kesenian menganugrahkan dua orang seniman. Sosok tersebut adalah Alm. Hato’an Wangsanjaya yang diwakili oleh ahli waris.”

“Beliau adalah seniman yang berkipkah di seni pertunjukan tradisional. Kedua, Soni Farid Maulana seorang penyair dan sastrawan,” kata Ketua DKKT, Bode Riswandi.

Ia mengatakan, keduanya dipandang telah berjasa dan konsisten dalam menghidupkan iklim kreativitas seni budaya di Kota Tasikmalaya.

“Tahun ini dua, mudah-mudahan tahun mendatang bisa bertambah lagi. Ini adalah tahun ketujuh penyerahan penghargaan kepada para pelaku seni dan budaya,” ucapnya.

Bode memaparkan, setidaknya ada lima poin penting dalam penilaian siapa yang layak mendapatkan anugerah budaya.

Diantaranya, memiliki identifikasi dan konsistensi dalam napak di bidang seni tersebut. Kemudian mampu mentransformasikan seni budaya yang digelutinya pada generasi selanjutnya.***