KANAL  

Eucalyptus Urophylla, Jadi Bahan Herbal Melawan Bakteri dan Virus Corona

KAPOL.ID – Pohon eucalyptus urophylla berumur 21 tahun yang ditanam Fakultas Kehutanan Institut Tekhnologi Bandung, Jatinangor Kabupaten Sumedang, ini nampak tak ada yang berbeda dengan pohon pada umumnya.

Ada sekitar 100 pohon yang ditanam tersebar di kawasan kampus dan menjulang tinggi dengan ciri batang mengelupas.

Bahkan  pohon yang bisa di tanam di cuaca tropis dan subtropis itu, beberapa pakar menyebutkan memiliki 700 spesies atau jenis di dunia.

Salah satunya ada di Indonesia tepatnya Nusa Tenggara Timur dan Maluku Tenggara.

Pohon yang bisa tumbuh hingga ketinggian 40 meter akhir-akhir ini menjadi sorotan.

Jarena bisa berkhasiat membunuh bakteri hingga virus corona di dalam tubuh.

Ahli Sulvikultur Fakultas Kehutanan Institut Tekhnologi Bandung, Dr. Yayat Hidayat mengatakan, pohon yang bisa tumbuh di berbagai kontur tanah tersebut memiliki manfaat yang banyak mulai dari akar, batang pohon hingga daun.

“Kegunaannya pun mulai dari furnitur, kayu gergajian, kayu lapis, bahan permen karet dan kertas, hingga daun yang dapat disuling menjadi minyak. Bermanfaat membunuh bakteri hingga mikroorganisme serta virus,” ujarnya di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jatinangor Sumedang, Rabu (08/07/2020).

Yayat menambahkan, beberapa tahun lalu kebutuhan pohon tersebut hanya sebatas penggunaan kayu.

Namun saat ini pohon tersebut diproduksi untuk hasil bukan kayu, dengan bahan baku kosmetik, parfum serta obat, karena memiliki sineol yang bisa mengencerkan dahak.

Sebelumnya kementrian pertanian merilis pohon eucalyptus urophylla. Karena hasil penelitian pohon eucalyptus dianggap berkhasiat melawan bakteri dan virus corona. (Gie)***