WISATA  

Gelombang Mulai Surut, Nelayan Tasela Belum Melaut

Surut
Polres Tasikmalaya meninjau pantai selatan. Gelombang sudah mulai surut. Nelayan mulai beraktivitas, meskipun belum melaut. (Foto: dok. Polres Tasikmalaya)

KAPOL.ID—Informasi dari Tasikmalaya bagian selatan, gelombang laut sudah mulai surut, setelah beberapa hari lalu mengalami pasang. Gelombang pasang bahkan sampai menerjang bibir pantai dan merendam parkiran sebagian tempat wisata.

Terpantau sejak Rabu (31/8/2022) sore ombak laut berangsur landai. Demikian informasi yang kapol.id terima dari Kapolres Tasikmalaya, Suhardi Hery Haryanto; dan Ketua HSNI Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi.

“Kemarin kami dari Polres Tasikmalaya bersama dengan Polair melakukan pengecekan ke lokasi yang terdampak gelombang pasang patai selatan,” terang Suhardi, Kamis (1/9/2022).

Selain memastikan adanya penurunan ketinggian gelombang, Suhardi juga mengemukakan bahwa pihaknya membantu nelayan menangani dampaknya. Seperti kerusakan perahu di Dermaga Pamayangsari, Sindangkerta.

“Aktivitas nelayan sudah mulai normal. Kami sudah menyampaikan di sana agar nelayan tidak melaut dulu. Karena gelombang masih tinggi, walaupun ada penurunan dari sebelumnya,” pungkas Suhardi.

Sementara Dedi Mulyadi menginformasikan bahwa ketinggian gelombang di Pantai Cipatujah kini sekitar 1-2 meter saja. Jauh lebih jinak dari sebelumnya, yaitu antara 3-4 meter.

“Kalau bagi nelayan, ketinggian gelombang 1-2 meter boleh dibilang normal. Kalaupun melaut, tidak menjadi ancaman,” terang Dedi saat kapol.id menghubunginya via panggilan telpon.

Tetapi, kata Dedi, sebagai antisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi; para nelayan memilih untuk tidak melaut dulu. Mungkin sampai satu atau dua hari ke depan.

“Sekarang nelayan tidak melaut, walaupun gelombangnya sudah surut. Besok juga pasti tidak melaut, karena hari Jumat memang semuanya biasa libur. Mungkin Sabtu atau Minggu lah baru akan melaut,” tandas Dedi.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv