Hasil Pilketos MAN 6 Tasikmalaya Draw, Diulang, Hasilnya Beda Satu Suara

Pemilihan Ketua OSIS MAN 6 Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya sengit dan terpilih pasangan Rini-Putri.*

KAPOL.ID-
Pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS (pilketos) ala pilpres MAN 6 Tasikmalaya melahirkan sejarah. Hasil akhir perhitungan suara yang diraih masing-masing kandidat jumlahnya sama alias draw, Rabu (28/10/2022).

Pasangan calon (paslon) antara paslon nomor urut 01 Rini dan Putri Sahara Agustin dengan paslon nomor urut 02 yaitu Iqbal Bahaudin dan Ujang Ardian sama-sama meraih 120 suara.

Wakasek MAN 6 Tasikmalaya, Drs. Jenal Aripin mengaku, proses demokrasi telah berlangsung baik, dilihat dari hasil yang sangat kompetitif dan ketat.

“Hanya selisih 1 suara, Rini meraih 127 sedangkan Iqbal 126. Sangat jarang terjadi, persaingan suara sangat ketat.”

“Kepada yang terpilih saya ucapkan selamat, juga kepada panitia pilketos apresiasi yang sangat tinggi,” jelas Jenal.

Kepala MAN 6 Tasikmalaya, Eka Mulyana M.Pdi mengatakan, pilketos di sekolah berlangsung sukses, aman dan lancar. Hasilnya telah melahirkan sejarah baru.

“Pesta akbar demokrasi pilketos MAN 6 Tasikmalaya berlangsung baik, sangat kompetitif. Hasilnya sempat draw dan hasil pemilihan ulang selisihnya sangat ketat hanya hanya terpaut satu, ini sejarah,” kata Eka.

Pembina OSIS MAN 6 Tasikmalaya, Erik Ramdani S.Pd, menuturkan, peristiwa ini pertama dalam sejarah pilketos selama MAN 6 Tasikmalaya berdiri. Saat berlangsung pilketos, antusiasme pemilih cukup kuat mendukung kandidatnya masing-masing.

Erik menambahkan, karena jumlah suaranya draw,sesuai kesepakatan bersama, dilakukan pemilihan ulang. Perwakilan dari setiap kelas dan guru yang belum mencoblos, serta ada juga yang mencoblos dua kali.

Perwakilan kelas tersebut tidak boleh anggota MPK dan tidak boleh anggota partai. Hasil pemilihan ulang kata dia, ternyata hanya beda selisih satu, pasangan Rini dan Putri.

“Pertama kali dalam sejarah, pilketos di MAN 6 Tasikmalaya hasil suara draw,” ujar Erik.

Disisi lain, Ketua OSIS terpilih Rini mengucapkan terima kasih atas kepercayaan siswa dan guru telah memilihnya untuk menakhodai OSIS di sekolahnya.

“Saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada guru serta siswa di MAN 6 Tasikmalaya,” ungkap Rini Ketua terpilih, sembari tak kuasa menahan air mata.***