Jadi Guru Inspiratif Nasional, Guru di Kab Tasik Ini Perintis TV Lokal

  • Bagikan
Anggota PGRI Kabupaten Tasikmalaya, Wahyu Kamal SPd terpilih sebagai Guru inspiratif ke 2 tingkat nasional pada peringatan hari Guru dan HUT PGRI ke 76 tahun 2021.Apresiasi Guru Inspiratif tahun 2021 itu diberikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi.***

KAPOL.ID- Wahyu Kamal berhasil menjadi Guru Inspiratif tingkat Nasional tahun 2021, Guru SD Negeri Cirangkong 1 Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya itu merupakan perintis TV lokal.

Wahyu Kemal atau yang akrab disapa Ayunk itu mencoba membuat inivasi dalam mendidik anak pada saat vandemi Covid-19. Ia menyulap ruang Guru menjadi studio TV untuk memudahkan anak-anak belajar.

Sekolah yang ada di pelosok itu mengalami kesulitan saat siswa harus belajar daring. Selain sinyal yang susah tidak semua siswa memiliki hape android. Kuota juga cukup memberatkan masyarakat.

Solusinya, dibuat sebuah studio TV di sekolah dan anak-anak bisa belajar di rumah masing-masing melalui saluran televisi. Inovasi yang sangat inspiratif di tengah keterbatasan yang ada.

“Materi yang disampaikan melalui jaringan TV ini dapat diterima di rumah peserta didik di lingkungan SDN 1 Cirangkong dengan baik.” kata Wahyu Kemal.

Ayunk mengatakan biaya untuk membuat perangkat studio TV di sekolah itu cukup terjangkau. Dengan menggunakan perangkat sederhana siaran TV bisa dijangkau dalam radius dua kilometer dari sekolah.

Berkat siaran TV tersebut siswa bisa belajar dengan baik di rumah masing-masing. Sedangkan Guru memberikan materi di studio TV yang ada di sekolah.

TV SD Negeri Cirangkong 1 mengudara setiap hari Kamis sampai Sabtu. Para guru menyiapkan bahan pembelajaran. Saat siaran Guru menjelaskan materi secara live.

Tidak hanya belajar saja, agar siswa tidak bosen, acara TV juga kerap diisi dengan hiburan yang juga edukatif.

Anak-anak dan juga orang tua sangat terbantu dengan adanya siaran TV. Orang tua tidak dibuat ribet dengan sinyal dan kuota internet.

Inovasi yang dilakukan Wahyu Kamal atau Ayunk itu mendapat apresiasi yang luar biasa dari Dirjen Guru dan dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi, sebagai guru inspiratif tahun 2021.

“Alhamdulillah, terima kasih atas doa dan dukungan semuanya, Semoga menjadi berkah dan bisa lebih baik lagi dalam mengabdikan diri di masyarakat,” kata Wahyu Kamal.

Ketua PGRI Kabupaten Tasikmalaya, H Akhmad Juhana mengaku bangga dengan inovasi yang dihasilkan Guru SD Negeri Cirangkong 1 tersebut dalam memecahkan masalah.

Kata dia sebuah inovasi yang layak diapresiasi oleh pemerintah karena sudah berhasil melahirkan solusi terbaik dalam memberikan pengajaran kepada anak didik.

“Semangat yang luar biasa dari seorang guru di daerah. Semoga apa yang diraih saudara Wahyu Kamal bisa menjadi inspirasi Guru lain,” katanya. ***

  • Bagikan