KAPOL.ID – Selama periode libur panjang Tahun Baru Islam 1447 Hijriah, dua kereta api (KA) dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 2 Bandung yakni KA Pasundan dan KA Kahuripan tercatat sebagai kereta favorit pelanggan dengan jumlah pelanggan terbanyak.
Kedua KA tersebut melayani rute jarak jauh kelas ekonomi yang menghubungkan Jawa Barat dengan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, sehingga menjadi pilihan utama masyarakat yang hendak bepergian dengan moda transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau.
“Pada momen libur panjang Tahun Baru Islam 1447 H, selama periode 6 hari dari 26 Juni s.d. 1 Juli 2025, KA Pasundan dan KA Kahuripan menjadi dua layanan dengan jumlah pelanggan yang sangat tinggi. Banyak pelanggan memilih kedua KA ini karena rute yang strategis, harga terjangkau, dan nyaman,” ujar Kuswardojo, Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung.
KA Pasundan melayani relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng PP dengan total 17.880 pelanggan, sementara KA Kahuripan melayani relasi Kiaracondong – Blitar PP dengan total 18.031 pelanggan yang menggunakan dari dan menuju wilayah Daop 2 Bandung.
Dalam periode 6 hari (26 Juni – 1 Juli 2025), kedua KA tersebut konsisten mencatatkan okupansi lebih dari 100% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, dengan okupansi yang bersifat dinamis dengan tujuan diantara relasi yang ada.
Selama enam hari pelayanan libur panjang Tahun Baru Islam 1447 H ini, KAI Daop 2 Bandung mencatat total ada 185.552 pelanggan yang menggunakan KA Jarak Jauh dari dan menuju wilayah Daop 2 Bandung.
Okupansi dari jumlah tersebut yakni sebesar 144,6 % dari total 128.316 tempat duduk yang disediakan selama 6 hari libur panjang. Relasi tujuan favorit pelanggan adalah Bandung – Gambir (Jakarta), Bandung – Yogyakarta, Kiaracondong – Lempuyangan, Kiaracondong – Kutoarjo, dan Bandung – Surabaya Pasarturi.
“Terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya kepada KAI sebagai moda transportasi pilihan selama masa libur panjang ini. Capaian ini tidak hanya menjadi indikator keberhasilan pelayanan kami, tetapi juga menjadi semangat untuk terus meningkatkan kualitas layanan di masa mendatang. Kami terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan pelanggan,” pungkas Kuswardojo. ***