Kabupaten Garut Siap Laksanakan Porkab, Bupati: Terapkan Prokes

  • Bagikan

KAPOL.ID – Bupati Garut, Rudy Gunawan kembali menegaskan bahwa Porkab 2021 yang kali ini dilaksanakan di tahun 2021 siap dilaskanakan.

Mengingat dalam masa Perpanjangan PPKM saat ini Kabupaten Garut masih berada di level 3 katanya.

Sehingga, dia pun mengimbau kepada para camat untuk tidak mengerahkan supporter dari daerahnya masing-masing.

Terutama, kecamatan yang dekat seperti Garut Kota, Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler.

Pernyataan tersebut disampaikan Rudy, saat menghadiri Ekspos Kesiapan Panpel Porkab 2021 kepada Forkopimda Garut yang dilaksanakan di Pujasega, Jum’at (15/10/2021).

Pada rapat yang dihadiri Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Ketum KONI Garut, Abdusy Syakur Amin serta unsur SKPD terkait di Lingkungan Pemkab Garut, Rudy pun menegaskan kepada panitia agar dalam pelaksanaannya selalu meningkatkan protokol kesehatan yang ketat disetiap venue.

Seperti apa yang disampaikan Rudy, Kadispora Garut, Usep Basuki Eko menyebutkan bahwa persiapan PORKAB 2020 ini sudah disiapkan secara matang termasuk sarana dan prasarana serta protokol kesehatannya.

“Tentu saja tetap memperhatikan protokol kesehatan. Salah satu contoh misalnya Kerkhof, Kerkhof itu daya tampung atau kapasitasnya bisa sampai 12.000 orang. Tapi nanti pada saat pelaksanaan kita batasi maksimal 30%, termasuk di gor-gor yang kita miliki juga itu sudah kita persiapkan dan sudah siap 100% untuk pelaksanaan Porkab,” katanya.

Eko berharap, pelaksanaan Porkab bisa meningkatkan imunitas masyarakat serta menggairahkan kembali perekonomian di Kabupaten Garut.

Tak hanya itu, lanjut Eko, kegiatan Porkab pun bisa menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi para atlet di Kabupaten Garut.

Sementara itu, dalam paparannya, Ketua Umum KONI Garut, Abdusy Syakur Amin menuturkan, sedianya pelaksanaan Porkab diselenggarakan di tahun 2020, tapi karena bertepatan dengan masa pandemi Covid-19 sehingga baru bisa dilaskanakan di tahun 2021.

Mengingat masa pandemi Covid-19 masih berlangsung lanjut Syakur, maka demi suksesnya pelaksanan Porkab, dia memohon dengan sangat kepada masyarakat untuk tidak menonton secara langsung di setiap venue, tapi bisa menonton secara virtual melalui chanel resmi Youtube Porkab Garut.

“Sesuai dengan kesepakatan, maka kami pun telah membuat aturan bahwa Porkab kali ini akan dilaksanakan tanpa penonton, dan semua peserta atau atlet juga panitia yang terlibat diwajibkan harus sudah melaksanakan vaksin. Jika tidak bisa membuktikan dokumen vaksin, maka terpaksa panitia berhak untuk Mendiskualifikasi,” tegasnya.

Ada pun kesepakatan lainya yang dihasilkan dalam ekspos tersebut adalah pelaksanaan pembukaan dilaksanakan siang hari, serta peserta deville upacara pembukaan dan Penutupan tiap Kecamatan dibatasi maksimal 15 orang sudah termasuk Forkopimcam.
Pada Saat Upacara Pembukaan dan Penutupan kendaraan dari tiap Kecamatan pun dibatasi maksimal tiga kendaraan roda empat. ***

  • Bagikan