Kadis SDA Tinjau Irigasi, Warga Cipatujah Segera Dapat Solusi

Kedis Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Diki Ahmad Sidik (menunjuk) beserta Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan sejumlah pihak blusukan meninjau Bendungan Langla. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Kepala Dinas Sumber Daya Air (Kadis SDA), Dikky Achmad Sidik terjun ke Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Dirinya meninjau langsung kondisi Bendungan Langla, sebagai hulu sungai yang semestinya mengairi kawasan Kecamatan Cipatujah.

Belakangan kondisi irigasi dari bendungan tersebut kencang dikeluhkan masyarakat. Lantaran aliran airnya tidak sampai ke hilir. Sampai-sampai sebanyak delapan kepala desa se-Kecamatan Cipatujah berkumpul di GOR Desa Tobongjaya, Selasa (26/1/2022).

Pada pertemuan tersebut hadir pula Camat Cipatujah, Ketua DPRD serta perwakilan Komisi II dan Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Dapil VI. Berikut juga beberapa elemen Dinas Pertanian dan Babinsa pada tiap-tiap desa.

Kedis SDA sendiri datang menjelang sore. Kemudian dirinya beserta jajaran blusukan ke beberapa titik sepanjang Bendungan Langla; bersama-sama dengan Ketua DPRD, Camat, Kepala Desa Padawaras dan sejumlah kelompok tani.

Diki mengemukakan kepada kapol.id, bahwa hampir semua irigasi di Kabupaten Tasikmalaya yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi berada pada daerah tebing. Hanya satu-dua sungai saja yang berada pada hamparan datar.

“Hampir semua selokan induknya itu ada di tebing-tebing, sementara sawah dan permukiman ada di dataran lebih rendah. Jadi rentan kejadian longsor. Karena dari kondisi dan jenis tanahnya memang tidak menjamin bahwa itu tidak akan ada pergerakan,” terang Dikky.