BISNIS

KAI Daop 2 Bandung Tingkatkan Layanan Inklusif demi Kepuasan Pelanggan

×

KAI Daop 2 Bandung Tingkatkan Layanan Inklusif demi Kepuasan Pelanggan

Sebarkan artikel ini

KAPOL.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan transportasi publik yang inklusif dan setara bagi seluruh pengguna jasa.

Tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun, KAI Daop 2 Bandung berupaya memberikan pelayanan prima yang mengedepankan aksesibilitas, kenyamanan, dan keselamatan bagi seluruh pelanggan.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menjelaskan, Prinsip kesetaraan adalah fondasi budaya pelayanan kami.

“Kami terus berupaya menghadirkan transportasi yang ramah, inklusif, dan berkeadilan bagi masyarakat luas.

Setiap pelanggan, baik penumpang reguler, penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, maupun pelanggan dengan kebutuhan khusus, berhak mendapatkan layanan terbaik dari KAI.” ujar Kuswardojo, Senin (13/10/2025)

Sebagai bentuk nyata dari komitmen ini, Daop 2 Bandung telah menyediakan fasilitas pendukung aksesibilitas.

Antara lain, jalur ramah disabilitas, ruang tunggu prioritas untuk lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas, serta toilet yang ramah disabilitas. Petugas pelayanan juga siap membantu pelanggan dengan kebutuhan khusus di stasiun-stasiun utama.

Tak hanya itu, sejumlah stasiun di wilayah Daop 2 Bandung dilengkapi dengan guiding block untuk membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan serta jalur khusus bagi pengguna kursi roda, guna menjamin kemudahan dan keamanan mobilitas di area stasiun.

Loket pembelian tiket di beberapa stasiun juga didesain ramah bagi lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas, dengan penempatan yang mudah dijangkau serta prioritas pelayanan khusus.

“KAI berkomitmen tidak hanya menghadirkan moda transportasi yang aman dan nyaman, tetapi juga menjamin kesetaraan dalam setiap aspek pelayanan. Ini selaras dengan nilai-nilai AKHLAK BUMN dan prinsip layanan prima yang kami pegang teguh,” tutup Kuswardojo.

KAI Daop 2 Bandung mengajak seluruh masyarakat untuk terus memberikan masukan dan dukungan dalam upaya peningkatan layanan, sehingga kereta api dapat menjadi pilihan utama transportasi yang aman, nyaman, dan inklusif untuk semua kalangan.***