Kata Ketua MUI Kab. Tasik Jelang Pilkada 2020

KAPOL.ID –
Sebagai Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya dan orang paling disegani, KH. Ii Abdul Basith menyuarakan beberapa kriteria yang bisa menjadi pedoman masyarakat dalam menentukan pilihan Pilkada 2020 mendatang.

Kriteria tersebut muncul bukan dari diri pribadi, melainkan dari lembaga MUI.

Dalam kancah perpolitikan di Kabupaten Tasikmalaya itu, kata Ii, pihaknya mengusung dan mendukung siapapun calon bupati atau wakilnya yang akan maju.

Jikalau ada sejumlah persoalan dalam menentukan pilihan, MUI mempunyai standar pemimpin yang pantas dipilih.

“MUI itu ibarat orang tua, maka kami selaku orang tua itu harus bisa mendukung dan mengusung siapapun calon yang akan maju nanti ke di pilkada,“ ucap Ii ketika dijumpai KAPOL.ID, Selasa (15/05/2020).

Kriteria itu, sebutnya, bisa dilihat dari konsep iman, Islam, dan ihsan. Dalam segi keimanan, calon pemimpin yang dipilih bertauhid kuat.

Pasalnya jika dilihat dari kaidah keislaman, seseorang yang amaliahnya benar. Sedangkan ihsan dapat dilihat dari perangainya saat bergaul dan berkehidupan secara umumnya.

“Silahkan pertimbangkan oleh masyarakat, tetapi tetap diharapkan untuk menjaga kondusivitas di antara pendukung. Jangan mencari permusuhan,” tegasnya.***