KBA Nusantara Pangandaran Dukung Kembangkan Wisata Desa Cintakarya

KBA Nusantara
Pengembangan Gua Nyalindung yang menjadi atraksi wisata unggulan di Desa Cintakrya. Dalam kegiatan ini hadir perwakilan Astra Bima Krida Pamungkas, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Camat Parigi, Kepala Desa Cintakarya dan tokoh kepariwisataan.

KAPOL.ID – Setelah ditetapkannya Perdes Pengelolaan Kepariwisataan Desa Cintakarya Disahkan, kini Desa Cintakarya melalui Pokdarwis akan berkolaborasi dengan KBA Nusantara Pangandaran.

Mulanya KBA Nusantara Pangandaran hanya melingkupi RT 07 RW 04 Dusun Cikubang Desa Cintakarya yang disebut Kampung Nusantara kini setelah diperluas pengelolaannya, menjadi lingkup Desa.

Kampung Nusantara menjadi salah satu Kampung Berseri Astra sejak 2020. Artinya, kampung ini mendapatkan dukungan dari CSR Astra Internasional dan terhubung dengan berbagai program yang diadakan Astra.

Berbagai kegiatan seperti Festival 28 Bahasa Nusantara dan berbagai kegiatan lain kerap dilaksanakan di Kampung Nusantara. Melalui KBA ini juga, beberapa kali disalurkan bantuan Sembako Nasional.

Setelah soft launching Gua Nyalindung sebagai bagian dari “Berlibur Ke Rumah Nenek” yang juga didatangi tim ESR Astra, kini sedang disiapkan atraksi yang akan dikembangkan KBA Nusantara Pangandaran melalui grand launching yang akan digelar akhir Oktober 2022.

Di Dusun Cikubang, tahun ini akan dibuat taman obat sebagai upaya masyarakat dalam menyediakan akses obat alami.

Sementara itu, di Dusun Karangkamulyan, lebih tepatnya di areal “Berlibur Ke Rumah Nenek” akan dikembangkan unit pengembangan UMKM.

Ke depannya, berbagai kolaborasi akan semakin mewarnai Desa Cintakarya sebagai Desa Wisata.

Kepala Desa Cintakarya Wawang Darmawan saat memberikan bantuan sembako dari Astra melalui KBA Nusantara Pangandaran.

Menurut Kepala Desa Cintakarya Wawang Darmawan, berbagai kolaborasi yang dimulai dengan semangat gotong royong warga Desa Cintakarya ini adalah modal utama untuk mewujudkan Desa Wisata.

“Kami juga akan wujudkan kolaborasi ini dan akan membuat platform bersama yang mendukung eksistensi wisata di Cintakarya melalui www.wisatacintakarya.com,” kata Wawang.

Dengan demikian, menurut Wawang, “berbagai pihak seperti KBA Nusantara Pangandaran yang selama ini baru dikembangkan di satu dusun, kini akan bertambah di dusun lain dan akan lebih memberi warna,” katanya.