Kedubes Prancis Datangi Sumedang, Disambut Bupati Dony

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menerima kunjungan duta besar Prancis untuk Indonesia, Mr Jean Charles Berthonnet bersama istri dan anaknya tadi malam, Jumat (26/7/2019).

Kedatangan tamu istimewa dari Kedubes Prancis tersebut, disambut dengan suguhan Seni Tarawangsa.

Mereka tampak larut menari bersama menikmati alunan irama rebab dan kecapi seni dan budaya khas masyarakat Rancakalong.

H. Dony Ahmad Munir mengatakan, maksud dan tujuan rombongan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia datang ke Sumedang tiada lain untuk menguatkan hubungan kerjasama antara Kabupaten Sumedang dengan Negara Perancis.

Ada beberapa sektor yang coba dijajaki, diantaranya sektor pariwisata,  budaya dan beberapa sektor lainnya khususnya kaitan dengan tindak lanjut Pagelaran Gamelan Sari Oneng Parakan Salak di Aula Simfonia Jakarta beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah, malam ini kita kedatangan tamu Istimewa dari Kedubes Prancis untuk Indonesia . Barusan sudah menikmati salah satu seni budaya Sumedang yaitu tarawangsa kemudian makanan khas Sumedang dan nanti besok mereka akan datang melihat Jatigede, mudah-mudahan ini bisa dipublikasikan di Perancis oleh Pa Dubes sehingga orang Perancis akan banyak datang ke Sumedang menjadi wisatawan mancanegara atau berinvestasi di Sumedang” kata bupati.

Ia mengatakan, sebagai tindak lanjut dari Pagelaran sebelumnya, kedepan Sumedang akan menggelar pagelaran gamelan Parakan Salak, Sari Oneng dan beberapa kesenian lainnya untuk ditampilkan diperancis.

Menurut rencana pagelaran ini akan dilaksanakan tahun depan.

“Kedepannya kita akan menggelar tarawangsa dan parakan salak kerjasama dengan duta besar Prancis. Doakan, tahun depan bisa dilaksanakan,” ujarnya. (Devi) ***

Diskusikan di Facebook