oleh

Ketika Silaturahmi Bukan Sebatas Pertemuan

KAPOL.ID – Silaturahmi mampu memproduksi ide serta menghidupkan ruang-ruang kolaborasi. Saling berbagi peran guna mengisi kekosongan. Satu sama lain harus saling merekomendasikan.

“Pada akhirnya tidak ada pertunjukan dan kompetisi untuk dinilai siapa-siapa. Karena yang dilakukan saling mendorong dan memberikan ruang. Saling mengangkat antar sesama,” kata Duddy RS, Pimpinan Redaksi KAPOL.ID, saat dikunjungi Komunitas Lingkar Daulat Malaya, di kantornya, Jalan Kolonel Abdullah Saleh, Cikalang, Tawang, Kota Tasikmalaya.

Menurut dia, kecil kemungkinan akan terjadi perselisihan. Karena setiap kali yang dilakukan bertujuan untuk saling membesarkan.

“Sudah banyak buktinya dan semua itu bisa dilakukan. KAPOL.ID lahir untuk mewadahi semua orang. Menjadi media berbasis komunitas,” terangnya.

Sementara itu, Ihsan Farhanuddin, penggiat Komunitas Lingkar Daulat Malaya. Dia mengatakan, silaturahmi menjadi modal bagi komunitasnya untuk merawat kebersamaan.

Serta banyak pelajaran yang dapat diambil dari setiap orang yang dikunjungi.

“Menghimpun apa-apa yang diungkapkan untuk bekal dalam menjalankan kehidupan. Apalagi yang bisa bertahan itu, mereka yang tidak melupakan orangtua. Mampu bekerjasama dengan orang lain,” terang pria yang menjadi pendidik itu.

Selain itu, lanjut dia, silaturahmi dapat mempersempit pandangan jelek terhadap seseorang. Dan mampu menghidupkan ruang-ruang belajar bersama.

“Saling menjegal, saling mengungguli tidak akan pernah terjadi. Karena sejatinya kita saling membutuhkan, saling mengisi, saling melengkapi layaknya puzzle,” jelasnya

Komentar