KNPI Kab. Tasik Berguru Spirit Perjuangan K. H. Zainal Musthafa

  • Bagikan
DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya berguru spirit K. H. Zainal Mustafa dengan membedah buku Ajengan Sukamanah.

KAPOL.ID–Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Tasikmalaya berupaya berguru spirit perjuangan K. H. Zainal Musthafa. Salah satu caranya dengan membedah buku Ajengan Sukamanah, Sabtu (21/8/2021).

Acara bedah buku karya Iip D. Yahya sendiri berkaitan dengan perayaan hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Untuk menghindari kerumunan, panitia menggunakan model semi online. Hadir di antaranya unsur Forkopimda. Antara lain Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin; Kepolisian; TNI; Kejaksaan; Pimpinan DPRD.

Begitu juga keluarga Pondok Pesantren K. H. Zainal Musthafa Sukamanah, perwakilan setiap OKP, perwakilan setiap Dewan Pengurus Kecamatan dan perwakilan MGMP Guru Sejarah Kabupaten Tasikmalaya.

Direktur DEEP, Neni Nurhayati bertindak sebagai moderator. Ialah yang memandu berjalannya acara dengan pembicata Iip D. Yahya, Duddy RS dan Basuki Rahmat.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Nana Sumarna mengemukakan bahwa bedah buku Ajengan Sukmanah bertujuan agar pemuda hari ini banyak belajar dari sosok K. H. Zainal Musthafa. Atas perjuangannya di masa kolonial, Sang Ajengan memperoleh gelar pahlawan nasional.

“Kita baru mengenal jalannya saja, sementara nilai-nilai yang diperjuangkan banyak sekali yang kita tidak tahu. Beliau harus menjadi inspirasi bagi seluruh pemuda di Kabupaten Tasikmalaya,” terangnya.

Beberapa spirit yang mesti jadi teladan, lanjut Nana, antara lain kebulatan tekad, keteguhan dan keuletan. Pemuda tidak boleh berdiam diri, melainkan harus bersama-sama mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang diperjuangkan K. H. Zainal Musthafa.

Di pihak lain, Wakil Bupati Taskmalaya, Cecep Nurul Yakin mengucapkan terima kasih kepada DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya karena telah berinisiatif mengisi momentum hari kemerdekaan dengan membedah buku. Apalagi berisi kisah perjuangan seorang pahlawan nasional asli Kabupaten Tasikmalaya.

“Mudah-mudahan dalam momentum hari kemerdekaan yang baru saja kita gelar beberapa hari yang lalu dan buku yang nanti akan dibedah oleh penulis, mampu memberikan semangat dan memberikan motivasi untuk para pemuda di Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya.

  • Bagikan