Lapuk, Ruang Kelas SDN Sirnasari Ambruk

  • Bagikan
Bangunan ruang kelas SD Negeri Sirnasari di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya ambruk karena kondisinya sudah lapuk dimakan usia. (Abdul Jalal/kapol.id) ***

KAPOL. ID- Diduga karena sudah lapuk dimakan usia, atap bangunan ruang kelas SD Negeri Sirnasari di Desa Taraju Kecamatan Taraju ambruk.

Beruntung ambruknya atap bangunan ruang kelas tersebut tidak memakan korban. Karena terjadi di saat tidak ada aktifitas belajar mengajar di sekolah.

Kepala SD Negeri Sirnasari, Yayat Supriatna mengatakan,  ruang kelas yang ambruk tersebut adalah ruang kelas 1. Namun  karena posisi bangunan memanjang ruang kelas lainya pun terancam ambruk.

“Ruang kelas lain yang terancam ambruk itu yakni kelas dua, kelas tiga dan juga ruang panggung, ” katanya.

Kata dia ambruknya bangunan tersebut terjadi pada Jumat (18/6/2021) lalu. Saat itu hujan lebat mengguyur wilayah Taraju.

Apa yang dikhawatirkan sebelumnya kata dia benar-benar terjadi. Ruangan kelas satu, dua dan tiga sudah dikosongkan sejak tahun 2019 dan tidak digunakan untuk proses belajar mengajar.

“Sejak tahun 2019 lalu kita tidak lagi menggunakan ruang kelas tersebut, karena khawatir ambruk dan menimpa anak-anak. Sekarang apa yang kami khawatirkan terjadi,” katanya.

Meski  kondisi sarana bangunan sekolah rusak parah, namun  jumlah siwa yang sekolah  terus bertambah. Tahun ini saja tercatat  240  siswa i yang sekolah di SD Negeri Sirnasari.

Dikatakan Yayat, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan permohonan perbaikan melalui dinas pendidikan. Namun belum juga mendapatkan bantuan rehab ruang kelas hingga saat ini.

Bahkan sekitar Maret 2021 lalu, sekolah sempat dikunjungi oleh Sekda Kabupaten Tasikmalaya, H Muhammad Zein untuk meninjau kondisi kerusakan bangunan ruang kelas.

Sekda pun meminta pihak sekolah untuk mengajukan rehab anggaran perbaikan, siapa tahu ada anggaran dari program CSR. Namun sampai kini bantuan tidak juga datang.

Yayat berharap pemerintah daerah bisa secepat membantu merehabilitasi ruang kelas yang rusak agar proses belajar mengajar di sekolah berjalan dengan nyaman. (Abdul Jalal) ***

  • Bagikan