Layar Kusumah Pemkot Tasik, Masuk Nominasi 15 Kota Inovasi Terbaik se-Indonesia

Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah (ketiga kiri) usai presentasi program Layar Kusumah yang masuk 15 inovasi terbaik se-Indonesia.*

KAPOL.ID –
Pemkot Tasikmalaya masuk 15 Kota Inovasi Terbaik se-Indonesia dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Kementerian Bappenas RI.

Inovasi tersebut dikembangkan Dinas Sosial melalui layanan antar sampai ke rumah (Layar Kusumah) dalam program inovasi Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities.

“Alhamdulillah Kota Tasikmalaya melalui program Layar Kusumah dinas sosial masuk 15 besar program inovasi kota terbaik se-Indonesia.”

“Setelah presentasi di hadapan panelis kemarin, nanti dipilih menjadi yang terbaik di Indonesia,” jelas Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, Rabu (23/11/2022).

Layar Kusumah, papar dia, merupakan layanan antar-jemput warga tak mampu untuk berobat ke rumah sakit. Selama setahun ini sudah berjalan

“Ada kendaraan dan petugas khusus melayani masyarakat tanpa libur setiap hari. Pasien dan keluarga pengantar mendapatkan biaya operasional dari Baznas,” tuturnya.

Program ini juga melayani pengantaran warga yang mendapat rujukan ke sejumlah rumah sakit. Seperti RSHS, RS Mata Cicendo, Bandung, RS Santosa, RS Al Ihsan Bandung dan RS Paru Rotinsulu Bandung.

Kemudian tersedia juga rumah singgah sembari menunggu pelayanan rumah sakit. Semua itu didapatkan selama gratis.

“Program ini sudah berjalan. Istirahat di rumah singgah gratis, makan gratis dan ambulance gratis,” jelas Cheka.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman Raksanagara, mengatakan, layar kusumah terinspirasi menjawab keluhan masyarakat tak mampu untuk berobat.

Meski sudah memiliki kartu Indonesia Sehat, namun terkendala biaya operasional selama menjalani pengobatan.

“Ini merupakan solusi persoalan klasik tersebut. Kita juga tak menyangka ini masuk 15 terbaik di Indonesia,” ucapnya.

Layar Kusumah juga berkeliling sekaligus menyosialisasikan informasi yang betul tentang KIS. Agar masyarakat terhindar dari biaya pengurusan oleh calo.

“Jika ada masyarakat Kota Tasik yang membutuhkan pelayanan, bisa menghubungi call center 082122764814 dan 082121203430.”

“Bisa juga lewat web Dinsos Kota Tasikmalaya bisa langsung datang ke kantor dinsos di Jalan Juanda,” pungkasnya. ***