KAPOL.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatat sebanyak 50.856 pelanggan menggunakan layanan kereta api pada hari libur Lebaran Idul Adha 2025.
Total tersebut mencakup jumlah pelanggan pada arus mudik yang terjadi pada H-1 Idul Adha (Kamis, 5 Juni 2025) dengan 30.858 pelanggan dan hari H Idul Adha (Jum’at, 6 Juni 2025) mencapai 19.998 pelanggan yang melakukan perjalanan menggunakan KA dari wilayah Daop 2 Bandung.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo menjelaskan bahwa jumlah penumpang pada H-1 kemaren menunjukkan lonjakan signifikan, dengan tingkat okupansi mencapai 138,9% dari total 22.060 tempat duduk yang disediakan.
Okupansi penumpang yang meningkat ini terjadi karena adanya okupansi dinamis para penumpang dengan stasiun tujuan diantara relasi KA tersebut.
Kuswardojo menambahkan bahwa tingginya minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pada libur Idul Adha tahun ini menunjukkan kepercayaan terhadap layanan KAI yang aman, nyaman, dan tepat waktu.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga.
KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan seluruh sarana dan prasarana untuk memastikan perjalanan berlangsung aman dan lancar, termasuk menjalankan KA tambahan pada masa Libur Lebaran Idul Adha tahun ini,” ujar Kuswardojo.
Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik, Daop 2 Bandung juga menyiagakan dan mengoptimalkan seluruh petugas di stasiun maupun di dalam rangkaian kereta untuk kelancaran dan keamanan perjalanan kereta api selama libur Lebaran Idul Adha ini.
Dari pantauan data pada Jumat, 6 Juni 2025 terdapat 109.326 pelanggan telah memiliki tiket keberangkatan KA dari wilayah Daop 2 Bandung.
Total okupansi penumpang mencapai 80,9% dari total 135.072 tempat duduk yang disediakan selama enam hari Kamis (5/6) sampai Selasa (10/6) pada libur panjang Lebaran Idul Adha 2025.
“KAI Daop 2 Bd terus mengimbau para pelanggan untuk selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan, serta datang lebih awal ke stasiun sebelum jadwal keberangkatan. Pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id, dan berbagai mitra resmi penjualan tiket lainnya,” pungkas Kuswardojo.