Lomba Mengurusi Jenazah Meriahkan Perayaan Tahun Baru 1442 Hijriah di Desa Singasari

KAPOL.ID- Ada yang berbeda pada perayaan tahun baru 1442 Hijriah tahun ini di Desa Singasari, Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya.

Pihak desa bekerjasama dengan MUI dan DMI menyelenggarakan lomba mengurusi jenazah. Kegiatan tersebut pun disambut antusia warga setempat. Lomba yang merupakan Fardu Kifayah tersebut digelar pada Sabtu 29/8/2020).

Lomba yang digelar di Aula Desa Singasari tersebut diikuti 18 kelompok laki-laki dan perempuan. Mereka perwakilan dari 9 DKM yang ada di wilayah desa Singasari. Tiap DKM diwakili 2 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Taraju, Rohandi S.IP, Danramil 1221 Taraju. Kapten Czi. Rohadi, serta tokoh Agama, BPD, LPM, Karangtaruna dan tokoh masyarakat.

Ketua penitia PHBI, Dedi Suryadi didampingi Ketua MUI Desa Singasari, Ustad Akik Jaenul Hak mengatakan ada beberapa indikator penilaian dalam lomba ini. Mulai dari bacaan do’a, memandikan jenazah yang tertib.

“Membersihkan kotoran, mewudhukan, mengkafani dan meshslatkan jenazah. Itu semua harus dilakukan dengan benar. Karena jenazah itu harus diperlakukan dengan baik,” katanya.

Camat Taraju, Rohandi S. IP. Mengapresiasi kegiatan PHBI tahun 1442 hijriah yang diadakan pemeritahan desa Singasari.
dengan adanya perlombaan ini ia berharap, para peserta tersebut menjadi perwakilan di tiap wilayahnya dalam mengurus jenazah.

“Karena tidak banyak di kalangan generasi muda yang paham mengurus jenazah sesuai dengan ketentuan. Untuk itu perlu dilakukan oleh regenerasi muda,” katanya.

Peringatan Hari Besar Islam di tutup dengan tablig Akbar. Dan penyerahan piala kepada pemenang lomba. Untuk juara petama kelompok pria diperoleh oleh Perwakilan dari DKM Al-Muawanah Kampung Pasirnangka.Sementara untuk kelompok wanita dari DKM Al-fatah kampung Walagar.

Selain mendapatkan piala para pemenang juga menerima uang pembinaan. Dan untuk peserta lainnya mendapat piagam juga uang pembinaan. Piala diserahkan oleh kepala Desa Singasari H. Saepudin.

—- Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment —-
Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web: https://kapol.tv
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id
Portal Inside : https://kapol.id/