Marquez juara, penampilan impresif Quartararo gagal berujung manis

MotoGP Spanyol 2019

OLAHRAGA – MotoGP seri ke empat yang digelar di Jerez Minggu (5/5/2019) sepertinya tampak menjanjikan. Bagaimana tidak, dua posisi teratas pemegang pole position ditempati pebalap-pebalap nonpabrikan dari tim Petronas Yamaha SRT. Fabio Quartararo yang meraih posisi terdepan start ditemani rekan setimnya, Franco Morbidelli di tempat  kedua.

Para penghuni top klasemen sementara hanya menyisakan Marc Marquez dari Repsol Honda di barisan start terdepan dengan menempati posisi tiga . Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan Alex Rins harus puas memulai balapan dari row belakang.

Jalannya balapan nyaris tanpa aksi overtaking untuk para pebalap barisan depan,  ketika bendera start berkibar, Marquez berhasil melaju ke depan sementara Fabio Quartararo melorot ke urutan ketiga, sedangkan Franco Morbidelli, menempati posisi kedua.

Awal yang menjanjikan bagi tim Petronas Yamaha dengan penampilan impresif Quartararo gagal berujung manis. Pembalap asal Prancis itu mengalami masalah mesin pada lap ke-13. Alhasil, dia terpaksa menyudahi balapan lebih awal.

Marquez berhasil menjadi yang tercepat di Jerez, podium kedua direbut pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Dia berhasil mengungguli Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha yang menempati podium ketiga.  Andrea Dovizioso pebalap Ducati finis keempat, posisi kelima ditempati pembalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci.

Sementara sang legenda hidup MotoGP menyudahi balapan di urutan keenam. Penampilan Rossi kali ini tak terlalu buruk karena The Doctor memulai balapan dari posisi ke-13. Hasil balapan menjadi pembuktian bagi Marquez yang akhirnya membalas kegagalan pada MotoGP Austin dengan meraih 25 poin pada seri Jerez ini.

Fakta Menarik seputar balapan

Di luar penampilan brilian Marquez yang berhasil menjuarai seri Jerez ini ada fakta yang cukup menarik sebenarnya jika dia berhasil meraih pole position.  Rekor start terdepan Marquez hanya terpaut satu angka saja dari Rossi.

Saat ini, Rossi menempati posisi kedua pembalap dengan raihan pole terbanyak di MotoGP, yaitu 55 kali. Peringkat pertama ditempati Mick Doohan dengan torehan 58 pole. Marquez kini menempati ranking ketiga pada kategori tersebut.

Sementara untuk Rossi masih memegang rekor mentereng menjadi raja MotoGP Jerez. Tercatat, dia telah memenangkan balapan di Sirkuit Jerez sebanyak tujuh kali. Belum ada pembalap lain yang mampu menyamainya. Rossi terakhir kali memenangkan MotoGP Jerez pada 2016.

Dua pesaing terberatnya hanya dari pebalap Repsol Honda Team saat ini, Marquez dan Jorge Lorenzo masih tertinggal jauh dari Rossi. Keduanya baru tiga kali menjadi raja MotoGP Jerez. (Dede/berbagai sumber)***

Diskusikan di Facebook