oleh

Mensos Pantau Lokasi Tanah Longsor di Cimanggung

Khusus untuk trauma healing, nanti akan ada psikolog yang akan mendampingi.

KAPOL.ID – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini didampingi Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengunjungi lokasi bencana tanah longsor di Dusun Bojong Kondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Minggu malam (10/1/2020).

Tiba di lokasi, Menteri Risma beserta rombongan langsung menuju dapur umum dan tempat pengungsian warga di SD Cipareuag dan TK Alhidayah.

Di tempat ini, ia menyiapkan berbagai perlengkapan untuk keperluan warga mulai dari tempat istirahat, kasur hingga makanan dan minuman.

Tak hanya itu, Menteri Risma juga menyambangi kediaman sejumlah keluarga korban sekaligus menyerahkan secara langsung bantuan berupa uang tunai sebesar 15 juta rupiah kepada masing-masing keluarga korban.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Risma menyampaikan duka yang mendalam kepada seluruh keluarga korban longsor di Cimanggung.

Ia berharap tim yang terlibat bisa secepatnya melakukan evakuasi warga yang kondisinya rentan terjadinya bencana ulang.

Karena berdasarkan informasi yang ia terima masih adanya retakan yang berpotensi menimbulkan longsor susulan.

Kaitan hal itu, pihaknya berkoordinasi dengan bupati dan aparat di wilayah setempat sesegera mungkin memindahkan warga yang rentan terjadinya musibah.

“Ini tidak mudah, karena mungkin akan ada sebagian warga yang keberatan, tapi harus kita pastikan mereka mengungsi karena cuacanya seperti ini. Jangan sampai menimbulkan terjadinya bencana lagi, itu yang harus kita pastikan malam ini,” ujarnya.

Dikatakan Menteri Risma, pemerintah pusat akan diberikan santunan kepada seluruh keluarga korban.

Kemudian untuk warga yang terdampak pihaknya berupaya menyiapkan penginapan dan makanan sampai kondisinya benar-benar aman.

“Status tanggap darurat akan ditetapkan oleh bupati. Untuk sementara, saya berharap malam ini sesegera dipindahkan terutama yang kondisinya rentan. Khusus untuk trauma healing nanti akan ada psikolog yang akan mendampingi,” pungkasnya. ***

Komentar