SOSIAL  

Merak Hijau Mengunjungi Kampung Nusantara

Merak Hijau
Bertepatan dengan meluapnya air laut di seluruh pantai Pangandaran. Cuaca ekstrim. Merak hijau berkeliaran ke pemukiman warga.

KAPOL.ID – Seekor burung merak berkeliaran di perkampungan warga Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Selasa (30/8). Menurut kesaksian warga, burung jenis Merak Hijau itu terlihat sejak sehari sebelumnya.

Supriatna, warga RT 03 RW 02 Dusun Cikubang Desa Cintakarya menuturkan, dirinya menemukan merak berkeliaran di sekitar halaman rumahnya yang juga dekat dengan areal bukit. Khawatir malah jadi sasaran predator, ia mengamankan burung itu dengan menjeratnya saat dipancing umpan jagung.

“Kamari burit, datang sorangan, dieurad isuk-isuk” kata Supriatna saat dihubungi.

Ia pun melaporkan temuannya ke pihak BKSDA melalui WA Grup Komunitas Belajar Sabalad. Pihak BKSDA rencananya siang ini langsung menjemput hewan yang dinyatakan dilindungi itu.

“Iya betul, itu merak hijau, statusnya dilindungi. Siang ini kami akan mengevakuasinya” tutur Anang, petugas BKSDA Kabupaten Pangandaran.

“Jika nanti ada yang mengklaim, kami akan cek izin pemeliharaannya. Jika tidak ada kami akan amankan dan akan mencocokan, siapa tahu merak itu berasal dari Cagar Alam yang dikelola BKSDA Kabupaten Pangandaran.” tambahnya.

Menurutnya, upaya aktif warga dalam melakukan evakuasi sangat penting. Bila tidak dilakukan, akan mengancam keberadaannya, karena ekosistemnya bukan di perkampungan warga.

Ia juga meyakinkan saat penjemputan nanti, akan membawa berita acara penyerahan supaya sesuai prosedur dan tidak disalahgunakan.