Sedan Timor Tidak Kalah Pamor

  • Bagikan
Para penggemar sedan Timor di Kabupaten Ciamis solid, berjejaring membangun komunitas.

KAPOL.ID – Mobil sedan Timor tidak kehilangan peminat. Pamornya masih menyala hingga kini. Mobil yang dirancang menjadi mobil nasional era 1990-an itu sering kali tampak melaju di kawasan perkotaan.

Sedan Timor sudah tidak diproduksi lagi, namun masih diburu penggemarnya. Bahkan membangun komunitas yang solid. Di Ciamis, berhimpun dalam klub Mobil Timor Baraya Ciamis.

Ketua Mobil Timor Baraya Ciamis, Arman (34) menuturkan, mobil yang diproduksi — rata-rata — 20 tahun silam itu punya keistimewaan tersendiri. Fiturnya tidak kalah dengan sedan lain.

“Pengguna mobil Timor tidak perlu merogoh kocek yang sangat besar untuk perawatan,” katanya.

Ia menambahkan, sedan Timor tidak punya harga pasti di pasaran. Harga relatif murah, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 75 juta. Tergantung kondisi mobilnya.

Menurutnya, pengguna mobil Timor masih banyak di Ciamis mau pun di luar Ciamis, karena — keistimewaan — komponennya masih banyak yang dijual secara online.

“Meski saat ini pabriknya tidak memproduksi kendaraan tersebut, akan tetapi onderdilnya masih banyak dijual dan harganya pun lumayan murah,” katanya.

Sedan Mobil Timor memiliki beberapa seri. Di antaranya Timor Limosin yang hanya ada empat unit di Indonesia, Timor Wagon jumlahnya hanya 35 unit, yang paling banyak jenis sedan Timor SOCH karburator dan jenis DOHC yang sudah berteknologi Injection. [m]

  • Bagikan