Muhammadiyah Kabupaten Tasik Punya Cukup Potensi untuk Maju

  • Bagikan
Ketua LPCR PP Muhammadiyah, M. Jamaludin Ahmad memotivasi warga Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Dengan memiliki tiga pondok pesantren, ditambah sekolah dan Klinik Utama PKU; Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya memiliki lebih dari cukup potensi untuk maju. Penilaian tersebut disampaikan oleh Ketua LPCR PP Muhammadiyah, M. Jamaludin Ahmad.

Pria asal Yogyakarta tersebut berkesempatan hadir di Kabupaten Tasikmalaya untuk mengisi tablig akbar, dalam momen perayaan milad ke-109 Muhammadiyah. PD Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya menggelarnya di kampus 2 Pondok Pesantren At-Tajdid, Jl. Ciawang No. 24 Desa Arjasari, Kecamatan Leuwisari.

Pada kesempatan tersebut, Jamaludin mengemukakan bahwa Muhammadiyah di daerah mana pun mempunyai potensi untuk tumbuh dan berkembang; baik yang jumlah warganya minoritas apalagi yang mayoritas. Termasuk Muhammadiyah di Kabupaten Tasikmalaya.

“Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya ini sudah memiliki media untuk tumbuh yang sangat kuat. Misalnya dengan tiga pesantren dan banyak sekolah. Tinggal bagaimana pimpinannya memenejerial program-program prioritasnya saja,” papar Jamaludin.

Untuk memenej program prioritas, lanjutnya, PD Muhammadiyah mesti memiliki kemampuan analis terkait apa yang paling memungkinkan sesuai dengan lokalitasnya. Hal tersebut tidak mesti melulu pada bidang pendidikan, melainkan juga pada bidang lain seperti ekonomi.

“Salah satu ciri Muhammadiyah kan gerakan Tajdid, kalau bahasa lainnya itu kreatif, inovatif dan solutif. Karena itu Muhammadiyah harus selalu memperbincangkan persoalan yang ada, sampai muncul program-program yang solutif bagi masyarakat, karena itulah etos dan sangat Muhammadiyah,” lanjutnya.

Jamaludin sendiri menangkap kesan bahwa warna Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya sedang memuda. Dalam kata lain muncul banyak generasi muda yang menggunakan pendekatan kultural. Sehingga komunikasi dengan masyarakat luas akan lebih bisa diterima.

Wajah Muhammadiyah yang memuda itu penting, katanya. Karena akan membawa Islam yang menggembirakan, ramah, menyapa dan memberi solusi. Karena Muhammadiyah di mana pun harus memberi solusi.

  • Bagikan