KANAL  

Pelaku UKM Garut Difasilitasi di Jakarta

Sejumlah pelaku UMKM Kabupaten Garut mengikuti Gathering bersama Disperindag ESDM Garut dan Mangga Dua Square di Aula Kantor BJB Cabang Garut, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Rabu (23/2/2022).

KAPOL.ID – Dalam upaya membangkitkan kembali para pelaku saha yang terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19 yang telah berlangsung dua tahun lamanya, Kepala Bidang Pengembangan Promosi dan Kerjasama Perdagangan Disperindag ESDM Garut, Ratu Ayu Dinar Wira Pertiwi mengajak para pelaku usaha Kabupaten Garut untuk bekerjasama dengan pihak Mangga Dua Square Jakarta, dengan cara berjualan di Jakarta.

Pernyataan tersebut disampaikannya pada kegiatan Gathering yang diselenggarakan Diseprindag ESDM Kabupaten Garut, berkolaborasi dengan Mangga Dua Square, Jakarta bersama 40 perwakilan pelaku usaha di Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Aula Bank BJB Cabang Garut, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Rabu (23/2/2022).

Sebagaimana diketahui katanya, Mangga Dua Square merupakan salah satu mall terbesar di Jakarta yang mempunyai pangsa pasar lebih luas.

Melalui upaya kerjasama tersebut diharapkan, para pelaku usaha di Kabupaten Garut dapat bangkit kembali setelah masa pandemi melumpuhkan usaha mereka.

Ratu pun mengatakan, dalam kerjasama tersebut, pihak Mangga Dua Square siap memberikan berbagai fasilitas bagi para pelaku saha Kabupaten Garut, seperti halnya kios gratis selama enam bulan, fasilitas tempat tinggal selama tiga bulan, pemberian makan minum secara gratis selama dua minggu serta akomodasi para pelaku usaha maupun berbagai produk yang akan dijual dari Garut bisa diterima secara cuma-cuma.
Ratu berharap, melalui kerjasama tersebut para pelaku usaha Kabupaten Garut bisa memperluas pasar produksinya, serta bisa mendapatkan peluang-peluang baru di Jakarta yang memiliki segmentasi pasar lebih luas dan menjanjikan.

Terlebih katanya, sebagaimana diketahui bahwa aneka produk IKM (Industri Kecil Menengah) Garut selama ini berdaya saing tinggi juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan produk-produk dari luar Kabupaten Garut.

Sementara itu, Konsultan Mangga Dua Square, Ida Bagus Kusumajati mengatakan, agar bisa mengkuti program tersebut, para pelaku UKM bisa mendaftarkan diri dan usahanya melalui Diseprindag ESDM Kabupaten Garut.

Ida pun mentargetkan, program yang dirancangnya bisa dikuti sebanyak-banyaknya pelaku UKM di Kabupaten Garut.
Sesuai dengan tujuannya untuk mempersiapkan para pelaku UKM di Kabupaten Garut agar bisa kembali bangkit setelah dua tahun terpuruk akibat dampak dari pandemi Covid-19 lanjut Ida, maka melalui kegiatan tersebut pihaknya mengajak Diseprindag ESDM Kabupaten Garut untuk melakukan kerjasama.

“Karena kita melihat bahwa para pelaku UMKM, termasuk di Kabupaten Garut, selama pandemi ini benar-benar berat untuk bisa bangkit kembali. Makanya kita bantu para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ini agar secepat mungkin bisa bangkit kembali,” pungkasnya.***