Pemkab Pertimbangkan Nakes Libur di Hari Minggu

  • Bagikan

KAPOL.ID – Peran serta para petugas Nakes (Tenaga Kesehatan) yang menangani Covid-19 tentu sangatlah berat, karena dua tahun lamanya mereka bekerja ekstra siang dan malam untuk menangani Covid-19, mulai dari melakukan vaksin hingga merawat sejumlah pasien yang terpapar positif.

Demi misi kemanusiaan selama pandemi berlangsung mereka pun terkadang kurang menghiraukan urusan keluarganya sendiri.

Bahkan tidak sedikit, banyak pula diantara mereka yang justru harus jadi korban karena mungkin kelelahan, sementara kesehariannya harus tetap berkecimbung dengan sejulah pasien yang terpapar positif.

Perjuangan Nakes saat menangani pandemi Covid-19 pun dinilai Wabup Garut, Helmi Budiman sangat luar biasa beratnya.

Karena tutur Helmi, mereka harus berjuang selama dua tahun tanpa henti dalam menangani wabah Covid-19.

“Pekerjaan menjadi seorang Nakes dalam menghadapi sejumlah pasien penderita Covid-19 itu tidaklah mudah, karena mereka harus berjuang menggunakan APD dalam kondisi panas, tetap harus melayani dan menyelamatkan nyawa seseorang,” tutur Helmi, Rabu (17/11/2021) saat berkunjung ke Puskesmas Garawangsa, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut.

Sebagai bentuk apresiasi dan spirit pada HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke 57, saat itu Helmi pun bahkan sengaja memberikan kejutan bagi para Nakes yang bertugas dengan membagikan buah durian.

Tentu saja, kunjungannya yang singkat dan mengejutkan tersebut mendapat sambutan dengan penuh kegembeiraan dari para Nakes.

“Kendati waktu sudah mulai sore dan hujan sangat lebat, tapi Alhamdulilah para Nakes, dokter dan tenaga medis lainnya masih lengkap hadir dan tetap kompak sebagai rasa tanggung jawab mereka terhadap pekerjaannya,” tutur Helmi.

Helmi juga mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, peranan Nakes dan relawan sangatlah penting adanya, karena atas perjuangan mereka yang tak kenal lelah dan tak kenal waktu meskipun yang dipertaruhkan adalah nyawanya sendiri, masa pandemi sudah mulai berangsur pulih.

Sementara itu, terkait permintaan dispensasi para petugas Nakes di Kabupaten Garut yang memohon untuk pekan ini tidak ada dulu kegiatan vaksinasi, Sekda Garut, Nurdin Yana menuturkan, Permohonan para Nakses tersebut masih dalam proses pertimbangan.

“Mungkin di hari Minggu yang akan kita hadapi pekan ini, kegiatan vaksinasi kita liburkan dulu untuk memberikan kesempatan kepada para Nakes agar bisa beristirahat. Selama ini kan mereka tak mengenal libur meskipun pada hari Minggu, sehingga mereka mengalami kecapean dan butuh istirahat,” kata Nurdin.

Nurdin pun berpesan, meskipun saat ini angka capaian vaksinasi kita telah tinggi dan kasus Covid-19 pun terus melandai, tapi bukan berarti kita harus melonggarkan aturan protokol kesehatan.

Masyarakat harus tetap mentaati protokol kesehatan, karena hingga saat ini ancaman penyebaran Covid-19 masih ada.***

Penulis: Anang KNEditor: Aziz Abdullah
  • Bagikan