SOSIAL  

Penabulu STPI Perangi TBC di Pesantren

Penabulu
Penabulu STPI menggelar kegiatan peringatan Hari TB Dunia di Pesantren Al Hikmah, Kota Tasikmalaya.

KAPOL.ID–Penabulu STPI Kota Tasikmalaya berupaya memerangi Tuberkulosis (TB). Salah satu ikhtiarnya dengan menggelar kegiatan di pondok pesantren Al Hikmah Mugarsari, Kota Tasikmalaya.

Agenda yang telah berlangsung Jumat (8/4/2022) tersebut bertema “Santri Sehat, Tuberkulosis Lenyap”. Maksud dari kegiatan tersebut penyelenggara hendak meningkatkan kesyaradaran para santri akan bahaya TB.

“Rangkaian kegiatan ini sebagai upaya penyebarluasan informasi TB kepada masyarakat. Supaya masyarakat meningkatkan kepedulian terkait pencegahan penularan dan penanggulangan penyakit TB dari diri sendiri dan keluarga,” terang Rifqi Taofiq Sidqi, Koordinator Penabulu-STPI Kota Tasikmalaya.

Adapun pertimbangan penyuluhan berlangsung di pesantren, lanjut Rifqi, lantaran pesantren jarang tersentuh penyuluhan TB. Ponpes Al Hikmah adalah lokasi pertama, yang kami harapkan menjadi magnet untuk pelaksanaan penyuluhan di pesantren-pesantren lain.

“Terlebih kami berharap, Pondok Pesantren dapat menjadi garda terdepan dalam sosialisasi dan pencegahaan penularan TB demi terdorongnya eliminasi TB tahun 2030,” pungkas Rifqi.

Atas kegiatan tersebut, Pimpinan Pesantren Al Hikmah, K. H. Ricky Assegaf sangat mengapresiasi. Ia berharap kegiatan tersebut menjadi amal baik bagi Penabulu STPI, Para Kader TB Kota Tasikmalaya dan Dinas Kesehatan yang secara sukarela melaksanakan kegiatan penyuluhan TB tersebut.

“Harapan saya, semoga dapat menginspirasi pesantre-pesantren lain, untuk lebih memberikan ruang edukasi bagi para santri dan harapannya juga Penabulu dan Dinkes menjadikan pesantren sebagai salah satu target tempat edukasi TB,” ujar Ricky.

Ricky lebih jauh berasumsi bahwa bahwa untuk mendorong pengeliminasian TB perlu keterlibatan beberapa pihak, salah satunya pesantren dan santri. Sehingga dengan demikian TB akan cepat tereliminasi.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id