Perbaikan Jembatan Cirahong, Arus Kendaraan Ditutup Sementara Mulai

  • Bagikan
Diproyeksikan selama sebulan, mulai dari tanggal 1 s.d. 31 Juli, lorong jembatan Cirahong ditutup. [Foto Ibnu Bukhari/kapol.id]

KAPOL.ID –
Sempat viral video penggendara khawatir saat melintasi Jembatan Cirahong.

Kayu penyangga yang dipakai kendaraan roda dua dan empat mulai rusak dan lapuk.

Jembatan kereta api berusia 128 tahun tersebut menjadi urat nadi transportasi masyarakat setempat baik dari Ciamis maupun Tasikmalaya.

Karena memotong jarak tempuh belasan kilometer jika melintasi jalan normal. Meskipun di atasnya digunakan kereta api menyeberangi Sungai Citanduy.

Menurut warga setempat penutupan Jembatan Cirahong untuk mengganti plat besi penyangga kayu yang dilintasi kendaraan.

Bagi pengendara bisa memutar melewati Cimaragas Ciamis ataupun Karangresik Tasik selama ditutup.

“Kalau bantalan kayu setiap tahun juga ada perbaikan, melihat kondisinya saja. Karena ada yang masuk Ciamis dan Tasik kan.”

“Katanya plat penyangga bantalan kayu untuk kendaraan saja, makanya ditutup dulu mulai kamis ini,” ucap salah seorang pengatur kendaraan di lokasi.

Humas DAOP 2 PT KAI Bandung Kuswardoyo mengatakan akan ada perawatan Jembatan mulai 1 Juli – 31 Juli 2021.

Untuk arus kendaraan roda dua maupun empat ditutup total. Sementara perjalanan kereta api tidak terganggu dengan perawatan jembatan legendaris tersebut.

“Perawatan tersebut untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta api kang. Karena usia jembatan yang sudah tua, dan idealnya memang sudah tidak lagi difungsikan untuk lalulintas kendaraan.”

“Karena akan sangat berbahaya bagi perjalanan kereta api dan pengguna jalan di bawah jembatan tersebut,” katanya. (Jae) ***

  • Bagikan