Percikan Api Mesin Las Menyambar Bensin, Satu Bengkel Terbakar di Malaganti

Kebakaran
Asap hitam pekat mengepul dari sebuah bengkel yang terbakar di Kampung Malaganti. (Foto: tangkapan layar dari video unggahan Ernii Colectiion pada akun Facebooknya)

KAPOL.ID–Peristiwa kebakaran menghanguskan sebuah bengkel, Senin (9/5/2022). Kuat dugaan sumber api adalah percikan dari mesin las yang menyambar bahan bakar bensin. Karena bengkel berisi barang-barang mudah terbakar seperti karet ban dan oli, api pun seketika berkobar dan membakar keseluruhan bengkel.

Dari sebuah video unggahan Ernii Colectiion pada akun Facebooknya tampak awan hitam pekat mengepul di atas bengkel. Warga pun begitu panik sambil istigfar dan memenjatkan doa-doa lainnya.

Bengkel tersebut berlokasi di Kampung Malaganti, RT. 04 RW. 02, Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Meski cukup jauh dari pusat kota, beritanya dengan cepat sampai ke Dinas Satpol PP, sehingga upaya pertolongan dapat segera sampai ke lokasi.

Pertolongan yang dimaksud antara lain tiga unit mobil Damkar Dinas Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya, satu unit RTU milik Tagana dan satu unit tangki milik BPBD. Dengan armada sebanyak itu telah berhasil mencegar api merembet ke bangunan lain.

Ketua Forum Komunikasi (FK) Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adi Setya menginformasikan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Meski api berhasil dijinakkan, tetapi dua orang pegawai bengkel mengalami luka cukup serius.

“Para korban langsung menjalani perawatan intensif di RSUD SMC. Mereka atas nama Dedi Supriadi (50) dan Roy Ahmad Iskandar (40); para pegawai bengkel,” terang Jembar.

Para relawan Tagana sendiri, tambah Jembar, ikut terlibat memberi pertolongan. Mereka bahu membahu memadamkan api dan mengevakuasi warga terdekat bersama petugas Damkar aparatur desa dan kecamatan, serta BPBD dan masyarakat setempat.

Wakil Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Ayatullah Romdoni menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan asesmen secara menyeluruh, bersama-sama dengan petugas Damkar. Asesmen antara lain untuk memverifikasi jumlah kerugian materi yang menimpa bengkel.

“Yang pasti, selain mengakibatkan dua orang luka serius, kebakaran juga mengakibatkan kerugian materi yang cukup besar. Mudah-mudahan korban yang sekarang mengalami perawatan di RSUD SMC bisa cepat pulih kembali,” harap Ayatullah.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id