Pergantian Paruh Waktu Pengurus Saka Bakti Husada Kwarcab Kabupaten Tasik

  • Bagikan
dr. Reti Zia Dewi seraca resmi dilantik sebagai Ketua Saka Bakti Husada Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya, Senin (5/10/2020). Penyematan lencana dilangsungkan setelah pengucapan sumpah jabatan. (Foto: kapol.id/Amin Rais Iskandar)

KAPOL.ID–Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tasikmalaya melantik pengurus Bakti Husada, Senin (5/10/2020). Sejatinya, pengurus periode lalu berakhir tahun 2021. Namun, pejabat Promkes sebelumnya berganti jabatan ke tempat lain.

“Pengurus Saka Bakti Husada kan tidak terkait dengan orangnya, tapi harus sesuai dengan jabatan di lingkungan dinas. Jadi, kalau jabatannya berganti, maka otomatis akan diganti,” terang Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP), Heru Suharto.

Sementara menurut Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, E. Kosasih, yang membidangi satuan Saka Bakti Husada adalah Promkes DKPP, yang kali ini dipegang oleh Reti Zia Dewi. DKPP kemudian mengusulkan pergantian pengurus Saka Bakti Husada.

“Dengan pergantian ini kami mengharapkan adanya peningkatkan keperansertaan masyarakat dalam membantu di bidang kesehatan. Ke depannya, jelas, anak didik kita dari penegak dan pandega akan dilatih di Puskesmas masing-masing, di 39 kwartir ranting Garakan Pramuka,” ujar Kosasih.

Adapun berkaitan dengan penanggunalangan Covid-19, Gerakan Pramuka sendiri, sebagaimana pengakuan Kosasih, sudah perperan aktif sejak awal merebaknya pandemi Covid-19.

“Sejak awal anak-anak sudah melakukan sosialisasi dan edukasi penanganan Covid-19 oleh gerakan pramuka. Jadi, Gerakan Pramuka ini masuk ke wilayah kemasyarakatan. Karena pesan trisatya juga mengatakan ikut membangun masyarakat,” pungkas Kosasih.

  • Bagikan