KANAL  

PKC PMII Jabar Serius Kawal Kesejahteraan Petani Sebagai Aktor Pangan

IST

KAPOL.ID – Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Barat, Apriliana Eka Dani mmegaku serius akan mengawal kesejahteraan petani sebagai aktor pangan di Jawa Barat.

Hal tersebut tersimpulkan setelah diskusi Hari Tani Nasional dengan tema “Peran Pemuda dalam Kedaulatan Pangan Jawa Barat” di Graha Insun Medal Sumedang, Minggu (25/09/22).

Sebelumnya, PKC PMII Jawa Barat menyelenggarakan
kegiatan diskusi dalam memperingati Hari Tani Nasional.

Itu, merupakan bagian dari rangkaian agenda pelantikan PKC PMII Jawa Barat yang diselenggarakan di Gedung Sport Jabar Arcamanik Bandung pada (24/09/22).

Bahkan, kegiatan akan dilanjut bersamaan dengan agenda Rakerda PKC PMII Jawa Barat.

Diskusi tersebut, merupakan gerbang awal komitmen PMII dalam rangka mengawal kedaulatan pangan Jawa Barat sebagai sumber pokok kesejahteraan kehidupan masyarakat Jawa Barat.

Selain diskusi, PKC PMII Jawa Barat bekerjasama dengan Polda Jawa Barat, Bupati Sumedang dan Kapolres Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan oembagian sembako kepada masyarakat yang ada di sekitar lokasi atau forum diskusi.

Ketua PKC PMII Jawa Barat, Apriliana Eka Dani mengatakan diskusi tersebut merupakan rangkaian dari agenda pelantikan.

“Kenapa kita menyelenggarakan diskusi pada Hari Tani Nasional, karena PMII yang senantiasa mengawal kesejahteraan para petani dan memang para petani harus sejahtera” ujarnya.

Lanjut april, momen tersebut sebagai upaya untuk membangun kesadaran pemuda tentang pentingnya bertani.

“Ini terobosan dalam mengembangkan potensi pertanian. Diantaranya pengembangan prodak tani lewat digitalisasi,” ujarnya.

Menurut dia, bagaimana teknologi mengintervensi aktivitas pertanian, agar kedepannya Jawa Barat sejahtera dengan sumbangsi pangan yang mapan.

Menurut April, bahwa Undang Undang Pasal 33 ayat (3) menentukan, bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Maka, PMII akan tetap senantiasa memperjuangkan apa yang seharusnya menjadi milik rakyat.

Selain itu, Ketua Pelaksana Irvan Mas’ud Imanudin mengatakan mudah-mudahan kegiatan diskusi tidak sebatas menjadi kajian semata.

Melainkan, harus di jadikan sebagai bahan untuk merumuskan gerakan bagi PKC PMII Jawa Barat kedepannya.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sumedang Dr. H. Donny Ahmad Munir, ST.,MM, Dir Intel Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Ruslan Efendi, M,Si dan Ketua HKTI Jawa Barat Drs. Nu’man Abdul Hakim. ***