oleh

PKM Berani, FK UKI: Bersama Tanggulangi “Stunting”

KAPOL.ID – Bersama Tanggulangi Stunting merupakan, Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Berani, Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Ketua PKM Berani, Kevin Christian berharap jumlah anak yang mengalami stunting khususnya di Sumedang menurun. Sehingga, kata dia, anak bangsa akan tetap sehat dan tak ada lagi yang mengalami stunting.

“Kita terapkan pencegahan stunting dimulai dari hulu, khususnya kaum perempuan sebelum melahirkan,” katanya, Senin 27 Januari 2020.

Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI), DR. Sudung Nainggolan, M.Sc mengatakan, masalah penanggulangan stunting pihaknya memasuki periode ke 9.

Ia ingin meliihat hasil kiprah para dokter muda yang melakukan penelitian, dan mereka sudah berbuat apa saja ?

Bahkan, Ia ingin membandingkan, soal angka stunting di Sumedang sekira 24 ribuan (32 %) dengan fakta sekarang.

Menurutnya, perjanjian kerjasama soal penanggulangan stunting antara FK UKI dengan Pemkab Sumedang sejak 2018-2023 dan sekarang program ke 9.

“Penanggulangan stunting harus dilakukan sejak awal, yakni dimulai dari hulu (perempuan),” ucapnya.

Menurutnya, jika mau menangani stunting secara serius, memang harus dilakukan dari hulu.

“Para dokter muda ini, akan melakukan kiprahnya di 10 desa se-Sumedang, mulai hari ini. Diantaranya, ke Desa Ungkal, Mekarsari, Cijeruk, Cilembu, Margamukti, Sukahayu, Mekarbakti, Cimarga, Malaka dan Kebon Kalapa,” ujarnya.

Kemudian, mereka pun beranjak ke desa lain yang juga akan mengembangkan penelitiannya ke kabupaten lainnya atau merambah. ***

Komentar