KABAR POLISI

Polda Jabar Siap Amankan Nataru, Cegah Aksi Kriminalitas

×

Polda Jabar Siap Amankan Nataru, Cegah Aksi Kriminalitas

Sebarkan artikel ini
Apel Gelar Pasukan Pengamanan Nataru 2024 di Lapangan Gasibu Kota Bandung. *

KAPOL.ID – Apel Gelar Pasukan Operasi Lodaya Tahun 2023 digelar Kepolisian Daerah Jawa Barat di Lapangan Gasibu Bandung, Kamis (21/12/2023).

Hal tersebut, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) inisiasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jawa Barat (Forkominda Jabar).

Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengaku siap melakukan sejumlah pengamanan, pelaksanaan operasi yang akan dilalukan selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 nanti.

”Ini merupakan amanat bapak Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kami siap mengamankan pelaksanaan Nataru dengan didukung sepenuhnya oleh TNI, Pemda, maupun sektor lainnya, dan seluruh elemen masyarakat yang terus memberikan kontribusi untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujar Kapolda Jabar.

Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo menjelaskan Operasi Lilin Lodaya ini akan dilaksanakan selama 12 hari.

”Akan dilaksanakan selama 12 hari, dimulai tanggal 22 Desember sampai tanggal 02 Januari 2024. Sasaran operasi ini untuk mencegah kriminalitas, pengaturan lantas dan juga mengatasi bencana alam. Kemudian personil yang dilibatkan sebanyak 25.973 personil yang terdiri dari personil Polri sebanyak 15.669 personil, TNI sebanyak 2.444 personil, kemudian selebihnya personil kemitraan,” jelas Ibrahim Tompo.

Ibrahim Tompo menambahkan selama Operasi Lilin Lodaya 2023, pihaknya akan fokus kepada pengamanan arus lalu lintas, aksi kriminalitas, hingga antisipasi bencana alam.

“Nah untuk lalu lintas sendiri, memang akan ada rencana rekayasa yang akan digunakan. Tetapi ini akan menyesuaikan dengan situasi di lapangan. Namun beberapa konsep sudah dipersiapkan, seperti pengalihan arus dan juga one way, ” katanya

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Wiyagus.

Ikut hadir dalam acara tersebut Kapolda Jawa Barat beserta Pejabat utama Polda Jawa Barat, Pj. Gubernur Jawa Barat, Pangdam III Siliwangi, Forkopimda Jawa Barat, Kajati Jawa Barat serta tamu undangan lainnya. ***