Prof Fauzan Ali Rasyid, Intelektual Berintegritas, Calon Timsel KPU-Bawaslu RI

  • Bagikan

KAPOL.ID – Prof Dr Fauzan Ali Rasyid, M.Si, menjadi salah satu calon Tim Seleksi (Timsel) Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan calon anggota Badan Pengawas Pemilu (bawaslu) RI periode 2022-202.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum kampus UIN SGD Bandung dianggap layak untuk menjadi Timsel KPU-Bawaslu RI.

Sebab, Fauzan berpengalaman menjadi Timsel KPU-Bawaslu di Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Prof Ilmu Politik Hukum Islam ini pun pernah menjadi Pansel Bawaslu Jawa Barat.

Hal itu disampaikan pengamat politik dan hukum, Ejen Jaalussalam. Menurutnya, Fauzan telah terbukti mampu memilih anggota Bawaslu-KPU yang berkualitas di Jawa Barat.

“Prof Fauzan sosok berintegritas, ilmunya tinggi dan sudah berpengalaman melahirkan anggota KPU-Bawaslu yang berkualitas di Jabar,” kata pria yang juga berprofesi sebagai advokat ini.
Ejen menyatakan Fauzan telah memenuhi syarat sebagai Timsel sebagaimana Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemillihan Umum (Pemilu), Pasal 22.

Yakni memiliki reputasi dan rekam jejakyang baik, memiliki kredibilitas dan integritas, memahami permasalahan pemilu, memiliki kemampuan dalam melakukan rekrutmen seleksi dan tidak sedang menjadi pelenggara pemilu.

“Bila Timselnya cerdas, pintar dan berintegritas seperti Prof Fauzan, pasti memilih anggota KPU-Bawaslu RI yang berintegritas dan mempunyai kapasitas juga,” katanya.

Ia menyakini Fauzan dapat menjadi timsel yang mewakili suara masyarakat, khususnya di Jawa Barat.

Ia pun berharap Presiden Joko Widodo memilih Fauzan menjadi salah satu calon timsel KPU-Bawaslu RI.

Fauzan juga aktif diberbagai organisasi kemasyarakatan, seperti menjadi Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Barat, ICMI Jawa Barat dan organisasi masyarakat lainnya.

Jalur pendidikan Fauzan terbilang seimbang. Ia merupakan lulusan dari 4 pesantren, kuliah S1 di IAIN SGD Bandung, S2 jurusan Sosilologi di UNPAD, S3 jurusan Ilmu Politk di Universitas Indonesia dan saat ini menadi Guru Besar Bidang Ilmu Politik Hukum Islam, UIN SGD Bandung sekaligus Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, UIN SGD Bandung.

Fauzan kerap menjadi narasumber, baik skala lokal dan nasional. Ia sering muncul di media masa, baik koran, media online, TV.

Tulisan-tulisannya pun sering dimuat media masa, terlebih banyak karya ilmiahnya yang mengiasi jurnal nasional dan internasional.

Fauzan juga malang melintang di luar negeri, baik menimba ilmu ataupun melakukan penelitian.

Adapaun sejumlah negara yang ia jelajahi diantaranya Malaysia, thailand, Singapura dan Brunai Darussalam.***

  • Bagikan