Rudy: Jika Terjadi Bencana Penyelamatan Jiwa Harus Diprioritaskan

  • Bagikan

KAPOL.ID – Bupati Garut, Rudy Gunawan menegaskan, penyelamatan jiwa jauh lebih penting dan harus lebih diprioritaskan jika terjadi bencana.

Karenanya ia pun meminta BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Garut untuk lebih meningkatkan petunjuk dan arahan serta sistem operasional prosedur yang menyangkut kebencanaan, karena menurutnya, kebencanaan merupakan masalah kemanusiaan.

Pernyataan tersebut disampaikan Rudy, dalam arahannya pada kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Siaga Bencana di Kabupaten Garut dan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Sekretariat Setda Garut, Jalan Pembangunan, Rabu (6/10/2021).

Dijelaskannya, bahwa Kabupaten Garut memiliki ancaman kebencanaan hidrometeorologi yang lengkap diantaranya curah hujan yang tinggi dan pergerakan tanah.

Karena alasan itulah lanjut Rudy, mitigasi bencana adalah langkah-langkah yang dilakukan secara teknokratik juga melakukan sosialisasi dengan masyarakat tentang bagaimana cara mengantisipasi bilamana terjadi bencana, sehingga risikonya bisa dikurangi.

Rudy pun mengatakan bahwa kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi, tetapi dalam tekhnologi kita dapat memprediksi serta memiliki kesiap siagaan dalam menangani bencana terjadi, yaitu mitigasi bencana sebagai upaya untuk mengurangi risiko bencana, Program mitigasi bencana katanya dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Disinilah lanjut Rudy, diperlukan adanya koordinasi yang baik diantara para stakeholder dalam pencegahan serta penanganan terkait kebencanaan di Kabupaten Garut.

Rudy pun mengajak semua komponen mayarakat untuk melakukan langkah kongkret mitigasi di lapangan, selalu bersinergi dengan berbagai unsur yang bersentuhan langsung dengan warga masyarakat seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas, Desa, Kecamatan serta Relawan Lainya.

“Hari ini kita mencanangkan pengurangan risiko dari bencana yang mungkin terjadi, karena Kabupaten Garut ancaman kebencanaannya paling lengkap,” kata Rudy di hadapan pasukan yang terdiri dari Personil Kodim 0611/Garut, Brimob Subden 4, Polres Garut, Satpol PP, BPBD, Dishub, Tagana, Baznas, ORARI dan sejumlah Personil Relawan lainnya.

Disisi lain Rudy pun menerangkan bahwa Kabupaten Garut merupakan kabupaten yang selalu siap siaga terhadap kebencanaan, sehingga layak menerima penghargaan Subroto Awards pada tahun ini.

Penghargaan Subroto Bidang Konservasi Geologi dan Mitigasi Bencana Geologi diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai aktif dan peduli dalam konservasi geologi dan mitigasi bencana geologi.

“Alhamdulillah berkat kesiapsiagaan dan kita selalu konsisten, Pemerintah Kabupaten Garut bisa menerima penghargaan Subroto Awards, ini sulit sekali, karena Subroto Awards ini hanya diberikan kepada daerah yang bersungguh-sungguh memperhatikan kesiapsiagaan. Karenanya di tahun ini yang bisa mendapatkan penghargaan ini hanya ada dua kabupaten, yaitu Garut dan Gunung Kidul Yogyakarta,”tuturnya.***

  • Bagikan