BUDAYA  

Rumah Kreasi Bambu Bah Oman Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Rumah Kreasi Bambu
Warga Paniis serius merangkai kreajinan bambu di Rumah Kreasi Bambu Bah Oman. (Foto: kapol.id/Adji Shg)

KAPOL.ID—Bah Oman mendirikan Rumah Kreasi Bambu di Kampung Paniis, Desa Madalagiri, Kecamatan Leuwisari. Sejak 50 tahun lalu, rumah ini bukan hanya penghasil uang bagi keluarga sendiri.

Fungsi paling penting dari Rumah Kreasi Bambu, kata Bah Oman, adalah meningkatkan perekonomian masyarakat. Tetangga Bah Oman bisa menjalankan usaha bersama-sama di Rumah Kreasi Bambu itu.

“Di lingkungan ke-RT-an Abah ini ada 80 kepala keluarga. Hampir 60 persen dari mereka berprofesi sebagai pengrajin anyaman bambu,” terang Bah Oman, Kamis (1/8/2022).

Untuk menghasilkan satu jenis kerajinan anyaman bambu yang utuh, tambah Bah Oman, masyarakat bisa berbagi peran. Tidak semuanya menjadi penganyam.

Di antara mereka ada juga yang berperan sebagai pengikat, pemoles, pemasang gagang dan pelengkap item lainnya. Proses kerjanya pun bisa di mana saja, tergantung pilihan masyarakat.

Karena itu, tidak heran jika di teras rumah tetangga Bah Oman terlihat penghuninya sedang memegang bambu. Dengan asyik satu sama lain menjalankan perannya sambil bercengkrama.

“Tapi kebanyakan proses finalisasinya di sini. Anak Abah yang bertanggung jawab memantau proses finaslisasinya,” lanjut Oman.

Rumah Kreasi Bambu milik Bah Oman sendiri menghasilkan berbagai jenis kerajinan. Antara lain berbentuk hiasan, alat-alat rumah tangga, alas parsel dan lain sebagainya.

Pasarnya pun luas. Mulai dari pasar paling dekat hingga pasar mancanegara. Tergantung jenis kerajinan dan pesanannya.

“Kerajinan seperti nyiru, aseupan, boboko, ayakan, hihid dan sapu injuk kami kirim ke pasar-pasar sekitar Tasikmalaya saja, atau ke luar daerah seperti Garut, Ciamis dan Banjar. Kalau kerajinan lainnya ada juga yang sampai luar negeri,” tegas Bah Oman.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv