oleh

Rumah Tertimbun Longsoran, Lima Orang Penghuninya Selamat

KAPOL.ID–Mobil truk yang terparkir di depan rumah, menyelamatkan lima orang penghuni rumah dari maut. Mereka sedang tertidur pulas, saat longsoran nyaris menghantam rumah mereka, Senin (12/10/2020), dini hari.

Gemuruh longsoran membuat penghuni rumah terjaga. Sontak warga Kampung Cikidang, Desa Kawitan, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya tersebut berhamburan ke luar rumah. Mereka menghadapi kenyataan kerugian materi hingga ratusan juta rupiah.

Pasalnya, sebanyak dua unit truk terseret longsor. Begitu juga dengan mesin gergaji dan ratusan kubik kayu pabrik milik Asep Yudi, tertimbu tanah.

“Saat itu, kami sekeluarg sedang tidur di dalam rumah. Lantas terdengar suara gemuruh dan gebrakan begitu keras di depan rumah. Seolah-olah rumah kami akan rubuh,” aku Asep Yudi, pemilik rumah dan pabrik, korban longsor.

Seingat Asep, longsor terjadi sekitar jam 04.30. Sementara di luar hujan lebat mengguyur hampir semalaman. Tebing dengan ketinggian puluhan meter di dekat rumahnya ambrol.

Akibat longsor juga, arus lalu lintas terputus, sepanjang 100 meter. Karena tanah dengan ketebalan sekitar 5 meter menimbun jalan. Jalur menuju Manonjaya sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan.

Warga kemudian melapor ke Pemerintahan Desa. Hal tersebut diakui oleh Kepala Desa Kawitan, Uus Kusnadi. Ia pun segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas kepolisian dan BPBD kecamatan. Dilakukanlah upaya pembersihan material dengan alat seadanya.

“Longsorannya sangat tebal dan panjang. Kami memerlukan alat berat untuk membersihkan materi longsoran dari badan jalan,” ujar Kusnadi.

Komentar

Jangan Lewatkan