SOSIAL  

Sambil Sarungan, Wagub Jabar Serahkan Bantuan Rutilahu di Jayamukti

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan bantuan Rutilahu kepada Tolib.

KAPOL.ID–Hari pasih pagi, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum sudah tiba di Desa Jayamukti Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Persisnya sekitar pukul 07.00 hari Jumat (11/2/2022).

Pria asal Manonjaya yang juga sebagai Panglima Santri tersebut menemui Tolib (80) dan Omah (60) di Kampung Nanggorak. Ia mengenakan peci, kaos dan bersarung. Sorban melingkar di lehernya.

Tolib dan Omah sendiri merupakan pasangan suami-istri. Mereka hidup dalam kondisi serba terbatas. Bukan hanya belum memiliki tempat tinggal, untuk memenuhi kebutuhan hidup saja cukup mengandalkan honor ceramah di kampung, sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 sekali naik mimbar.

“Ngisi pengajian juga tidak setiap hari. Kalau ada jadwal saja. Sebenarnya juga saya bukan asli sini. Dulu sering ngontrak, pindah-pindah, terakhir ngontrak di Ceungceum sekitar sebulan lalu,” terang Tolib.

Sekarang Tolib dan istrinya tidak lagi mesti mengontrak. Lantaran ada salah satu warga yang bermurah hati mempersilahkannya mengisi gubuk tak terpakai. Ukurannya sekitar 3 x 3 meter.

Berita tentang kondisi prihatin Tolib dan Omah sampai juga ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Atas dasar itulah Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mengunjunginya. Mereka berbincang di dalam gubuk tersebut hampir berdempetan.

“Tujuan saya tiada lain untuk menyampaikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Pemprov Jabar. Saya mendapatkan informasinya dari media. Media memang sebagai kepanjangan telinga dan mata kami, jadi kami langsung ke sini,” terang Uu.

Uu sepenuhnya menyadari bahwa bantuan yang ia serahkan sangat terbatas. Tidak mungkin cukup untuk membeli tanah dan membangun rumah. Karena itu, katanya, masyarakat sekitar juga perlu membantu Tolib. Dengan bergotong royong maka beban Tolib akan teratasi.

Di lain pihak, Kepala Desa Jayamukti Ai Segah mengemukakan bahwa secara administratif Tolib bukanlah warganya. Lantaran pada Kartu Tanda Penduduk milik Tolib tercatat sebagai warga Kecamatan Mangunreja.

Sekalipun demikian, Ai Segah sangat berterima kasih terhadap perhatian dan bantuan Pemprov Jabar melalui Wagub Uu Ruzhanul Ulum. Karena memang sudah semestinya pemerintah menyejahterakan rakyatnya.

“Meski bukan warga kami, kami berterima kasih atas perhatian Bapak Wakil Gubernur. Kami kaget, karena sebelumnya tidak mendapatkan informasi akan ada Pak Uu,” kata Ai.