Terhubung dengan KAPOL

WISATA

Sayembara Logo Geopark Galunggung Berhadiah 20 Juta, Siapa Minat?

|

KAPOL.ID – Kawasan Gunung Galunggung yang ditetapkan sebagai Geopark oleh Presiden RI Joko Widodo mulai dibenahi serius oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Salah satunya melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tasikmalaya dengan sayembarakan logo Geopark Galunggung.

“Tahap awal, kita membuat sayembara untuk logo Geopark Galunggung. Hadiah utama bagi juara pertama Rp 20 juta. Informasi lengkapnya di website resmi Pemkab Tasikmalaya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Pihaknya juga tengah mematangkan rencana induk pariwisata di Kawasan Galunggung dengan tim percepatan Geopark Nasional.

Geopark Galunggung meliputi 14 kecamatan dari 39 total jumlah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

“Selain unsur geologi, hayati, budaya, bisa menjadi seimbang dan sinergi untuk kemajuan sosial ekonomi di Kabupaten Tasikmalaya. Target kita tidak hanya menjadi geopark nasional saja, juga didaftarkan menjadi geopark internasional,” ujarnya.

Sembari mengarap rencana induk, kata dia, pemerintah juga melakukan penataan infrastruktur di Kawasan Wisata Galunggung.

Sebab penataan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan berkelanjutan.

“Kami lakukan secara bertahap mulai tahun ini, tahap awal sedang berlangsung. Pembiayaan pembangunan geopark ini pun akan dibantu oleh UNESCO Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB),” katanya. ***

Diskusikan di Facebook

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *