OPINI  

Setelah Pansus I DPRD Jabar Meninjau CDOB Kabupaten Tasela

Pansus I DPRD Provinsi Jabar dengar pendapat terkait CDOB Kabupaten Tasikmalaya Selatan. (Foto: istimewa)

KAPOL.ID–Dalam sehari, Selasa (22/2/2022), Pansus I DPRD Jabar menyelesaikan agenda peninjauan lokasi calon ibukota CDOB Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Tasela). Pertama dialog dengar pendapat di Pendopo Baru Pemkab Tasikmalaya, kemudian bergeser ke Karangnunggal.

“Hari ini kami bertemu dengan masyarakat untuk mendengarkan aspirasi. Mereka sangat menyambut dan sepakat DOB Tasela ini. Walaupun pada akhirnya menjadi kewenangan pemerintah pusat, kami tetap melanjutkan usulannya,” terang salah satu anggota Pansus I, Arif Rachman.

Mengingat antusiasme masyarakat cukup tinggi akan hadirnya daerah otonom baru (DOB) tersebut, Arif memandang bahwa persiapan harus matang sejak sekarang; sekalipun pemerintah pusat belum mencabut moratorium. Salah satunya infrastruktur pelayanan kesehatan dasar atau rumah sakit.

“Katanya Kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah induk sudah mempersiapkan lahan rumah sakit. Lokasinya juga di daerah calon ibukota DOB Kabupaten Tasela, Karanunggal. Jadi gayung bersambut. Walaupun dalam kajian Unpad, DOB Tasela ini ada Kecamatan Bantarkalong juga,” lanjut Arif.

Arif kemudian menegaskan bahwa, di samping memastikan dan memantau calon ibukota DOB, Pansus I DPRD Jabar juga bertugas memastikan kesiapan pemerintah induk yang akan menyokongnya. Sebab selama tiga tahun awal, pembangunan DOB masih dalam bantuan pemerintah induk.

“Nanti setelah bisa berkembang, misalnya pembangunan rumah sakit, perguruan tinggi dan infrastruktur lainnya sudah dipersiapkan; maka DOB tersebut bisa melanjutkannya secara mandiri,” pungkas Arif.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id