Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, IMT Bantu Bibit Pohon dan Benih Ikan

  • Bagikan
Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Tasikmalaya menebar benih ikan di kolam milik warga di Kampung Cipari, Desa Margaluyu, Kecamatan Pancatengah. IMT mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembagian benih ikan dan bibit pohon kepada masyarakat. ***

KAPOL.ID- Peran mahasiswa bagi kemajuan daerah harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Sebagai kaum terpelajar mahasiswa harus bisa memberikan solusi dan harapan bagi masyarakat.

Langkah itulah yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa Tasikmalaya (IMT) yang sengaja menggelar kegiatan Bakti Masyarakat di Lingkungan Cinangka, Kampung Cipari Desa Margaluyu, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Bakti masyarakat tersebut diselenggarakan dengan agenda diskusi di bidang pertanian dan pembagian bibit pohon kepada masyarakat. Para mahasiswa juga menebar benih ikan ke sumber air di Cinangka.

Ketua  Umum IMT,  Zamzam Zamiaturohmah mengatakan, mahasiswa harus dekat dengan masyarakat, karena nantinya setelah lulus akan bersentuhan dengan masyarakat. Keberadaan mahasiswa harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Bakti masyarakat ini sebagai wujud kepedulian kami kepada masyarakat di daerah. Kami berharap langkah yang kami lakukan ini bisa membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat,” katanya.

Pembina yang juga Sesepuh IMT, Elan Rahmatilah mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa terhadap daerah asal.

“Ilmu yang selama ini didapat di bangku kuliah, direfleksikan dalam kehidupan yang sebenarnya di daerah asal,” katanya.

Disebutkan, IMT adalah mahasiswa yang menimba ilmu di luar wilayah Tasikmalaya, seperti Bandung dan juga Jakarta. Mereka memiliki tanggungjawab untuk ikut memajukan daerah asalnya.

“Saat mereka kembali ke daerah asalnya mereka harus memiliki tanggung jawab untuk membawa perubahan di daerah, terutama peningkatan ekonom masyarakati,” katanya.

Kegiatan tersebut direspon baik oleh masyi di RT Cinangka dan juga Cipari, masyarakat memenuhi ruangan gedung Madrasah Diniyah Al-Fatah yang ada di kampung tersebut untuk mengikuti agenda acara.

Dalam kesempatan itu mahasiswa menghadirkan pejabat dari UPT Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya untuk berdiskusi dengan masyarakat.

Itu dilakukan agar masyarakat paham tata kelola pertanian yang bagus dan berkesinambungan agar kesejahteraan petani di daerah bisa meningkat.

Kegiatan itu juga diwarnai dengan lomba tumpeng dari Ibu-ibu PKK di kampung Cipari desa Margaluyu dan menebar benih ikan ke kolam milik warga setempat.

Tokoh masyarakat Cinangka, Ajengan Ayi menyambut baik agenda tersebut dengan harapan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga saja langkah yang dilakukan IMT bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di Cinangka ini,” katanya.***

  • Bagikan