Ujian Sekolah Kelas 6 SD, Uji Coba Kegiatan Sekolah Tatap Muka

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana melakukan inspeksi ke sekolah di tengah kegiatan ujian sekolah kelas 6 satuan pendidikan sekolah dasar.

KAPOL.ID–Kelas 6 satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) melaksanakan ujian sekolah (US). Waktunya antara Senin (24/5/2021) sampai Sabtu (29/5/2021).

Di Kabupaten Tasikmalaya, US dijadikan sebagai uji coba kegiatan sekolah tatap muka, setelah sekian lama siswa belajar dengan siatem dalam jaringan (Daring).

Pada hari pertama US kelas 6 SD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana melakukan inspeksi. Salah satunya ke SDN Sukasenang, Singaparna.

Dadan mengemukakan bahwa tujuan dari inspeksinya itu antara lain untuk memastikan pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar protokol Covid-19. Sehingga Disdikbud dapat menilai kesiapan pembelajaran tatap muka.

“Setelah saya lihat ke sekolah-sekolah, alhamdulillah sekolah akan siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Saya juga pastikan Prokes di sekolah benar-benar dilaksanakan,” terang Dadan.

Dadan juga mengaku bahwa dirinya bahkan menemukan sekolah yang sampai menyediakan ruang isolasi sementara bagi siswa yang alami gejala Covid-19. Ada juga yang menyiapkan ruang ganti baju khusus untuk siswa yang naik angkutan umum.

Siswa yang naik angkutan umum, wajib memakai baju biasa, bukan seragam sekolah. Setiba di sekolah, sebelum masuk kelas, siswa mesti ganti baju dulu di ruang khusus.

Sementara bagi siswa yang suhu badanya tinggi, pihak sekolah membawanya ke ruang isolasi sementara. Menunggu dijemput pulang oleh orangtuanya.

“Di SDN Sukasenang ini yang ada ruang khusus isolasi sementara dan ruang ganti baju bagi siswa yang naik angkutan umum. Kita harap semua sekolah seperti ini dalam menjalankan protokol kesehatanya,” Dadan menandaskan.