Untuk Turis, Puskesmas Pangandaran Siapkan TBC Konci Inggris

13

KAPOL.ID – Setelah meraih akreditasi paripurna rawat inap lima besar se-Indonesia, kini Puskesmas Pangandaran kembali tampil beda.

Puskesmas Pangandaran saat ini menggunakan istilah baru TBC Konci Inggris kepanjangan dari Tidak Buta Cakap Conversation In English juga ada Rabu Nyunda dan Bahasa Jawa dalam setiap menerima pasien yang datang.

Kepala Puskesmas Pangandaran, dr Aris Rismawan (37) mengatakan setelah meraih Puskesmas Paripurna, pihaknya ingin tampil beda dari yang lain.

Makanya sekarang ada istilah baru dalam pelayanan kepada calon pasien yang datang.“Kami memakai istilah baru yaitu TBC Konci Inggris,” ungkapnya Jum’at (22/2/2019).

Menurutnya, kepanjangan dari TBC Konci Inggris tersebut yaitu Tidak Buta Cakap Conversation In English tujuannya untuk melayani pasien dari orang luar negeri karena banyak pasien turis mancanegara yang datang.

“Apalagi Puskesmas ini berada di lokasi Pariwisata,” tuturnya.

Selanjutnya selain itu juga dibiasakan bagi perawat juga untuk menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa sunda dan bahasa jawa pada hari Rabu istilahnya Rabu Nyunda dan memakai bahasa Jawa.

“Bahasa Inggris digunakan pada hari Senin, Selasa, Jum’at dan Sabtu,” lanjutnya.

Dirinya menambahkan walaupun tidak fasih menggunakan bahasa Inggris tetapi mencoba untuk membiasakan karena tidak semua orang luar negeri yang ada di Pangandaran bisa berbahasa Indonesia.

“Ya setidaknya kita harus memberikan pelayanan terhadap mereka,” tambahnya. (M.Jerry)***

Diskusikan di Facebook