USAID Madani Mendorong Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif

  • Bagikan
USAID Madani upayakan pemerintahan kolaboratif, kerja sama dengan Forum AKSARA dan Kesbangpol. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID—USAID Madani kembali menggelar lokakarya terkait tata kelola pemerintahan kolaboratif. Lokakarya yang berlangsung di Aula Wiradadaha gedung Bappeda pada Kamis (2/12/2021) ini adalah yang ketiga kalinya.

Sebelumnya, pada 9 September 2020, lokakarya pertama dengan judul yang sama terselenggara di Aula Wiradadaha, Bappeda Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian pada 18 Februari 2021, lokakarya berlangsung di aula gedung Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk.

Pada teknisnya, USAID Madani yang bermitra dengan PRKI menjalin kerja sama dengan Forum AKSARA dan Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya. Lokakarya kali ini bertema “Memastikan ketersediaan lingkungan pendukung yang kondusif bagi civil society organization (CSO) dalam mewujudkan collaboratif governance di Kabupaten Tasikmalaya”.

Ada empat nara sumber pada kegiatan tersebut. Antara lain Ketua DPRD, Asep Sopari Al Ayubi; Kepala Kantor Kesbangpol, Asep Gunadi; Plt. Kabid PPM Bappeda, Fityan Aonillah; dan Presidium Forum AKSARA, Rifqi Taofiq Sidqi.

Dalam lokakarya yang dipandu oleh Divisi Advokasi Forum AKSARA Andi Ibnu Hadi tersebut, semua sepakat bahwa kolaborasi antara pemerintah dengan organisasi masyarakat sipil (OMS) sangat penting. Karena dengan demikian akan lahir kebijakan pemerintah yang solutif bagi publik.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi mengaku sangat mengapresiasi bahkan bangga terhadap kegiatan tersebut. Lantaran menunjukkan bahwa OMS telah turut aktif dalam membangkitkan partisipasi publik terhadap jalannya roda pemerintahan; baik perencanaan maupun pengawasan.

“Ini tentunya jangan berhenti sampai di sini, tetapi harus menjadi pemicu bagi organisasi-organisasi masyarakat sipil yang lain. Artinya, ini perlu ditingkatkan,” ujar Asep Sopari.

Kegiatan-kegiatan seperti ini, lanjut politisi Partai Gerindra tersebut, telah memberi ruang meningkatkan upaya kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat. Bahkan, katanya, dalam menunjukkan partisipasinya masyarakat sipil tidak mesti menunggu permintaan pemerintah; tetapi bisa berinisiatif sendiri.

Kepala Kantor Kesbangpol, Asep Gunadi pun menilai positif kegiatan tersebut. Pihaknya bahkan berniat menjadikannya sebagai rujukan dalam menentukan kebijakan fasilitasi pemerintah daerah terhadap organisasi kemasyarakatan.

“Kegiatan yang digagas oleh Madani dan PRKI yang di dalamnya ada Forum AKSARA ini membangun organisasi kemasyarakatan yang bagus, baik, dan berkualitas,” ujar Gunadi.

Dengan demikian, Gunadi merasa sangat terbantu oleh kehadiran USAID Madani di Kabupaten Tasikmalaya. Pihaknya berharap upaya peningkatan kualitas organisasi kemasyarakatan bisa diwujudkan terhadap semua organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami harap ini tidak hanya berlaku bagi yang terlibat pada saat ini (Forum AKSARA, Red.), melainkan harus ditularkan kepada yang lain. Ini harus menjadi progres ke depannya,” Gunadi menandaskan.

  • Bagikan