KANAL  

17 Penghargaan Nasional dan Jabar, Diraih Pemkab Sumedang, Selama Pandemi

KAPOL.ID – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan peringatan Hari Jadi Sumedang ke-444 salah satu cara mensyukuri nikmat yang masih diberikan kepada Allah SWT.

Juga, serta momentum untuk mengingatkan kembali bahwa semua capaian pembangunan yang telah diraih tidak lepas dari peran serta dan kerja keras para pendahulu.

“Kita hanyalah melanjutkan pembangunan dan perjuangan yang telah mereka rintis sehingga Kabupaten Sumedang menjadi daerah maju dan terdepan seperti saat ini,” ungkapnya, April 2022.

Momentum Hari Jadi ke-444 Sumedang diharapkan dapat membangkitkan kembali gairah dan semangat membangun Sumedang dengan mewujudkan pelayanan berkualitas dan lebih cepat atau Sumedang Melesat.

“Sebagaimana tema peringatan ‘Melesat menuju Sumedang Simpati 2023’, kita menginginkan pelayanan lebih berkualitas dan lebih cepat,” ujarnya.

Bupati menyebutkan, meskipun dalam situasi sulit di kala pandemi, Pemerintah Kabupaten Sumedang berhasil meraih 17 penghargaan tingkat nasional dan 17 tingkat provinsi Jawa Barat.

“Hasil dari capaian prestasi dan kinerja tersebut, Tahun 2022 ini Kabupaten Sumedang mendapat apresiasi sekaligus reward dari pemerintah pusat berupa Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp. 37 miliar yang terbesar diterima oleh kabupaten atau kota di Jawa Barat,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Kabupaten Sumedang juga mendapatkan apresiasi berupa dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan fisik berupa infrastruktur jalan sebesar Rp. 57 milar.

Capaian prestasi tersebut, lanjut Bupati, berdampak positif terhadap banyaknya kunjungan pemerintah daerah dan lembaga lainnya untuk melakukan studi tiru atas kemajuan yang diraih Kabupaten Sumedang.

“Tentunya kita semua patut berbangga karena dalam tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi kini Sumedang menjadi termaju dan terdepan di Jawa Barat, bahkan di Indonesia,” tuturnya.

Terakhir Bupati menyampaikan, peringatan Hari Jadi juga merupakan sebuah wahana untuk melakukan refleksi dan evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk lebih baik lagi.

“Kita tidak mau terjebak dengan yang namanya success trap, melainkan termotivasi untuk terus memperbaiki diri secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut, sebanyak 50 orang dari dinas, instansi dan ‘leading sector’ mendapatkan piagam penghargaan atas prestasi yang diperoleh baik di tingkat Kabupaten, Provinsi ataupun nasional yang secara simbolis diwakili oleh 17 orang.

Diserahkan pula bantuan dari BRI Cabang Sumedang oleh berupa 1 unit mobil ambulance untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Upacara ditutup dengan penandatanganan prasasti proyek-proyek pembangunan Tahun Anggaran 2021 oleh Bupati dengan disaksikan Wakil Bupati dan unsur Forkopimda serta tamun undangan. (Deden)***