Terhubung dengan KAPOL

WISATA

Asyiknya Niis di Curug Teduh, Kurang Satu Jam dari Kota Tasik

|

KAPOL.ID – Sungai Cikalang yang melintasi Kota dan Kabupaten Tasikmalaya menyimpan rahasia wisata mengagumkan. Letaknya yang tak jauh dari Kota Tasikmalaya, kurang dari satu jam perjalanan sampai ke lokasi.

Adalah Curug Teduh, masuk wilayah administratif Desa Kamulyan Kecamatan Manonjaya. Jauh dari hiruk pikuk kota, suasana pedesaan dan masih alami. Di lokasi tersebut bisa menikmati berbagai wahana wisata outdoor.

“Awalnya digunakan berlatih rafting di curug, lalu setahun terakhir dikembangkan wisata tubing atau biasa disebut papalidan di Sungai Cikalang,” ujar penggiat Komunitas Touring Camp Tasikmalaya, Andriana, Senin (24/2/2020).

Tak jauh dari Curug Teduh yang digunakan finis papalidan, terdapat pula Curug Cinagaraja. Dua spot tersebut merupakan suguhan tambahan yang bakal dinikmati wisatawan. “Papalidan sekitar satu jam dari start sampai finis,” katanya.

“Untuk tubing hanya dikenakan Rp 50 ribu per trip, kecuali dengan paket makan dan dokumentasi video menjadi Rp 100 ribu,” ujarnya menjelaskan.

Ke depannya, kata dia, pemerintah desa setempat juga akan memaksimalkan akses transportasi ke lokasi sekaligus pengembangan menjadi desa wisata. Setahun ke belakang, penanaman pohon kopi sudah berjajar di wilayah menuju lokasi.

“Jadi tidak hanya tubing dan curug saja, bisa ada perkemahan serta wisata kopi. Mudah-mudahan cepat terlaksana untuk akselerasi pengembangan wisata desa,” ujarnya.

Pantauan KAPOL, akses jalan ke lokasi relatif baik. Hanya dari lokasi parkir kendaraan ke curug yang butuh sentuhan penataan. Sebab menyusuri tebing bukit dan perkebunan milik warga.

“Lebih dekat masuk dari seberang pasar hewan Manonjaya. Dari situ kurang dari 10 menit juga sampai ke lokasi parkir. Biasanya ramai pada akhir pekan, kalau hari kerja paling digunakan untuk pembenahan swadaya di lokasi curug terutama sampah dari hulu sungai,” katanya. ***

Diskusikan di Facebook

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *