KANAL  

Bupati Dony: Pengurus RT dan RW Jadi Sosok Perubahan Fundamental

KAPOL.ID – Ujung tombak pelayanan kepada masyarakat adalah manusia-manusia pilihan.

Mereka diantaranya, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW).

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam kegiatan Pemberdayaan Kelurahan Cipameungpeuk dalam rangka Pembinaan RT RW di Kantor Kelurahan Cipameungpeuk.

“Ketua RT dan RW adalah manusia pilihan yang siap mengabdikan diri. Tidak semua orang siap menjadi Ketua RT dan RW,” ujarnya, Maret 2022.

Dikatakan Bupati, dari 1,2 juta penduduk Sumedang, hanya 7000 orang siap mengabdikan diri sebagai ketua RT dan 2000 orang lainnya sebagai Ketua RW atau sekitar 0,006 persen dari jumlah penduduk.

“Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban memberikan perhatian kepada Ketua RT dan RW, salah satunya adalah asuransi tenaga kerja,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Ketua RT dan RW adalah garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan warga dan selalu dituntut untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

“Baik itu fungsi pemberdayaan, pelayanan,  merukunkan warga atau memonitor pembangunan semua dijalankan oleh RT RW. Teruskan pengabdiannya dan membangunnya. Mudah mudahan Kelurahan Cipameungpeuk semakin maju,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Bupati, Ketua RT dan RW harus menjadi tauladan dan panutan agar bisa membangun karakter dan mengubah mindset atau mentalitas masyarakat.

“Saya berharap pengurus RT dan RW dapat menjadi sosok perubahan fudamental yang baik di tengah-tengah masyarakat agar dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungannya,” ujarnya.

Turut hadir salam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sumedang Desi Yuningsih dan Lurah Cipameungpeuk Yayat Sukarya beserta jajaran. (Deden)***