Darmaloka Harus Jadi Obyek Wisata Unggulan di Jabar

  • Bagikan
Pejabat dari Biro Perekonomian Gedung Sate saat meninjau lokasi wisata Darmaloka, di Kampung Paleben, Desa Darma Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan Senin (22/2/2021). Darmaloka harus menjadi obyek wisata unggulan di Jawa Barat. ***

KAPOL. ID- Lokasi Wisata Darma Loka di Kampung Paleben, Desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan menyimpan keindahan alam yang masih belum terjamah. Kondisinya masih sangat alami, masih sangat asri dan rindang.

Di lahan seluas 2 hektaraan milik pemerintah Desa itu kondisi alamnya masih sangat terjaga, pohon dengan ukuran besar masih berjejer menghiasi kolam-kolam besar yang airnya sangat jernih.

Kolam tersebut didiami oleh ikan Dewa khas Kuningan yang tidak satu pun warga berani menyentuh nya apalagi sampai memakannya. Pengunjung bisa berenang dengan Ikan dewa tersebut di kolam yang luasnya 4200 meter persegi.

Pemerintah Desa saat ini berencana untuk mengembangkan potensi alam yang belum terjamah itu menjadi obyek wisata unggulan di Kuningan bahkan di Jawa Barat. Desa sudah mengirimkan usulan ke pemerintah Jabar agar lokasi tersebut ditata ulang dan didesain menjadi lebih menarik wisatawan.

Pada Senin (22/2/2021) pihak Biro Perekonomian Gedung Sate berkunjung ke lokasi Darmaloka untuk melihat kondisi lapangan obyek wisata yang memiliki nilai sejarah sangat panjang itu. Termasuk menit sejarah panjang penyebaran agama Islam di Kuningan.

Kuwu Darma, Yadi Juharyadi mengatakan pihaknya sangat geregetan ingin membangun Darma Loka menjadi obyek wisata unggulan di Darma, di Kuningan bahkan di Jawa Barat.

“Kami terus berusaha agar Darmaloka ini menjadi obyek wisata unggulan di Jabar. Dan alhamdulillah lokasi Darmaloka sudah dikunjungi pihak biro perekonomian dari Gedung Sate,” kata Yadi.

Ia berharap dalam waktu dekat ini Darmaloka bisa ditata utamanya oleh pemerintah provinsi Jawa Barat. Pasalnya pengembangan wisata Darmaloka bisa berdampak besar bagi perekonomian masyarakat. Lokasi obyek wisata Darmaloka di Desa Darma Kabupaten Kuningan menyimpan keindahan alam yang belum terjamah***

Saat ini selain menjadi obyek wisata, juga menjadi sumber mata air bagi 1400 kepala keluarga, dan PDAM Kuningan dengan debit air 40 liter perdetik dan menjadi sumber air Waduk Darma. Termasuk juga memasok kebutuhan air warga Cirebon.

“Kalau kondisi Darmaloka dibiarkan rusak, maka pasokan air untuk masyarakat dan Waduk Darma dan juga masyarakat Kuningan terganggu. Makanya lokasi Darmaloka harus ditata dan diselamatkan,” Kata Yadi.

Untuk melakukan penataan kawasan Darmaloka kata Yudi dibutuhkan anggaran yang cukup besar yakni Rp 50 miliar dan tidak bisa dipenuhi oleh keuangan di Desa. Setidaknya harus ada pembebasan lahan untuk akses jalan masuk dan perluasan kawasan konservasi.

“Pembebasan lahan untuk akses jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 8 meter dan untuk lahan konservasi seluas 3 hektar. Sehingga kawasan Darmaloka jadi lokasi wisata alam dan juga lahan konservasi,” katanya.

Yadi berharap pak Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa membantu membuat desain penataan kawasan Darmaloka, karena bukan hanya untuk pariwisata tetapi juga menyelematkan ekologi dan sumber mata air untuk kebutuhan masyarakat Kuningan dan Cirebon.

Darmaloka juga kata dia menyimpan sejarah panjang tentang penyebaran Islam di tatar Sunda utamanya wilayah Kuningan. Bahkan lokasi tersebut kerap dijadikan peristirahatan Prabu Siliwangi. Termasuk Bunga Karno pun kerap berkunjung ke Darmaloka. ***

  • Bagikan