Desa Sukawening Ciamis Perkuat Ketahanan Pangan Menanam Lemon

  • Bagikan
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan penanaman perdana bibit lemon di Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Senin (28/6/2021).

KAPOL.ID – Kawasan pertanian Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, dikenal sentra kopi putra daerah. Kini dipersiapkan menjadi pemasok buah lemon.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mendukung program itu dengan penanaman perdana 5000 bibit lemon di areal seluas 5 hektar, Senin (28/6/2021).

Herdiat memandang langkah itu salah satu ikhtiar pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Tani Desa Sukawening, menurutnya, layak diapresiasi.

“Apresiasi kepada Kepala Desa Sukawening yang sudah berinovasi dengan melakukan penanaman bibit lemon, sebagai salah satu upaya membangkitkan perekonomian akibat pandemi Covid-19,” kata Herdiat.

Dijelaskannya, masyarakat harus bangga karena 60 sampai 70 persen mayoritas penduduk Kabupaten Ciamis adalah bertani, sehingga tidak terlalu terdampak oleh pandemi.

“Ciamis, alhamdulillah sektor perekonomiannya (tejaga), meskipun turun tapi tidak begitu anjlok, karena mayoritas penduduknya bertani. Sehingga ketahahanan pangan kita tetap stabil,” ujarnya.

Menurutnya, banyak potensi penanaman bibit-bibit lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, jika melihat keadaan geografis di daerah Kabupaten Ciamis.

“Jadi sudah sewajarnya kita menjaga, merawat, memanfaatkan dan melestarikan hutan agar manfaatnya bisa terus kita rasakan hingga generasi anak cucu kita nantinya,” tuturnya.

Bupati juga menyinggung gelombang kedua Pandemi Covid-19.

“Covid-19 di gelombang 2 ini sangat luar biasa, kita harus tetap berupaya menjaga diri dengan prokes yang ketat, selain itu senantiasa berdo’a memohon petunjuk dan perlindungan kepada Allah SWT,” ucapnya.

Sedangkan Kepala Desa Sukawening, Hendi Hermawan menuturkan Desa Sukawening berada di batas kecamatan dan berada di kaki Gunung Sawal dengan mayoritas pencaharian penduduk adalah bertani.

“Di kaki gunung sawal ini ada 30 hektar perkebunan kopi, yang ditanami oleh kelompok petani kopi yang beranggotakan 67 orang anggota dan hari ini, alhamdulillah kita bisa merasakan kopi asli putra daerah,” kata Hendi

Hendi juga mengatakan sesuai arahan Bupati dalam upaya ketahanan pangan dan peningkatan pemulihan ekonomi, Pemdes Sukawening berinisiatif membuka lahan yang kurang produktif menjadi lebih bermanfaat.

“Ada 5 hektar tanah milik desa dan akan ditanami bibit lemon, jeruk manis dan buah-buahan lain sebagai tambahannya,” kata Hendi seraya menambahkan rencana di Desa Sukawening membangun sarana olahraga dan agrowisata. [m]

  • Bagikan